Pemanfaatan benda benda di sekitar sebagai Bahan Praktikum IPA
Ni Putu Damayanti,S.Pd
CGP Kabupaten Karangasem Provinsi Bali
Latar belakang
Selama masa pandemi Covid-19 berlangsung sekolah kami yaitu SMP Negeri 1 Amlapura yang berada di Kabupaten dengan Zona merah melaksanakan pembelajaran daring ( dalam jaringan ) dengan proses pembelajaran yang dilakukan secara online. Semua guru berproses untuk tetap menghadirkan
pembelajaran yang baik walau dalam situasi yang sulit, demikianpun saya yang
kesehariannya adalah seorang guru IPA juga mesti berpikir untuk dapat memnuhi
kebutuhan belajar siswanya. Pembelajaran
IPA yang baik harus mengaitkan IPA dengan kehidupan sehari-hari siswa. Siswa
diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, mengembangkan ide, membangun
rasa ingin tahu tentang segala sesuatu yang ada di alam terbuka. Penggunaan
sumber media belajar yang bervariasi tentu akan memperbanyak pengalaman
belajar siswa, membuat siswa menjadi tidak bosan dan memberikan pengalaman
belajar yang menarik bagi siswa. Proses pembelajaran IPA sangat membutuhkan adanya kegiatan
praktikum yang bisa dilakukan oleh siswanya. Menjadi hal yang mustahil
jika guru tetep kekeh untuk melakukan praktikum sesuai dengan
alat dan bahan yang tertera pada Buku Paket, atau LKS panduan praktikum, maka melihat
situasi tersebut maka saya sebagai
Guru IPA ditegah pandemi Covid-19 tergerak
untuk mencoba mengajak siswa siswa saya untuk berpikir kreatif menggunakan
benda benda di sekitar lingkungan mereka ( menekankan pada modal lingkungan dan
SDM) agar dapat memilih dan memilah benda mana yang kiranya sesuai dan dapat
digunakan sebagai bahan praktikum pengganti bahan praktikum yang ada di LAB IPA
Tujuan
Tujuan dari Aksi Nyata ini adalah murid dapat memanfaatkan benda benda di sekitar rumah dan
lingkungannya sebagai bahan praktikum IPA
Tolok Ukur
Siswa mampu mengerjakan praktikum dengan bahan yang
didapat dari lingkungannya
Linimasa tindakan yang akan
dilakukan :
- Diawali
dengan membangun komunikasi yang baik dengan siswa.
- Menggali
ide /gagasan terkait praktikum yag akan dilakukan
- Memghimbau
agar anak mampu berpikir kreatif untuk menemukan bahan yang dapat digunakan
sebagai bahan praktikum
- Siswa
menyajikan hasil kegiatan praktikumnya dengan bahan yang berasal dari
lingkungannya
Deskripsi Aksi Nyata
Aksi nyata ini dilakukan pada semester Genap pada
kelas 9A SMP Negeri 1 Amlapura Tahun Pelajaran 2020/2021, yang diawali dengan
mengomunikasikan kegiatan praktikum yang akan dilakukan kepada siswa, dengan
menggali gagasan dan ide siswa terkait praktikum yang akan dilakukan Selain itu
guru membangun pemikiran kreatif siswa untuk dapat menemukan bahan bahan yang
ada di lingkungan sekitarnya ( modal lingkungan) yang dapat digunakan sebagai
bahan praktikum. Setelah melakukan itu semua barulah kegiatan praktikum
dilakukan dengan tetap dipandu oleh guru dan hasil kegiatan praktikum tersebut disajikan
dalam bentuk presentasi ataupun makalah atau video sesuai keinginan siswa
tersebut.
Hasil
Aksi Nyata
Dari kegiatan praktikum pada materi genetika dan
materi pencemaran pada lingkungan. Siswa kelas 9A SMP Negeri 1 Amlapura sudah
mampu untuk menemukan sendiri bahan bahan yang ada dilingkunagnnya yang bisa
digunakan untuk kebutuhan Praktikum mata pelajaran IPA. Pada kegiatan praktikum
genetika yaitu pada praktikum Peluang mempengaruhi kombinasi Gen yang biasanya
menggunakan kancing genetika mak para siswa dapat menggunakan bahan bahan yang
ada di sekitar mereka seperti ada siswa yang menggunakan kacang merah, kacang
hijau, kacang undis,beras merah beras putih, biji jagung batu putih dan batu
hitam serta ada pula siswa yang menggunakan gulungan gulungan kertas yang
dibuat bulat bulat kecil lalu di beri warna hijau dan merah dengan menggunakan
spidol. Sedangkan pada praktikum pencemaran lingkungan siswa dapat berkreasi
memilih bahan praktikumnya seperti menggunakan ikan cupang, ikan mas, kecebong,
ikan seribu dan lain sebagainya.
Pembelajaran Yang Didapat Dari
Pelaksanaan
- Kegagalan
Dari kegiatan pemanfaatan
benda benda di sekitar sebagai bahan praktikum
IPA yang sudah dilakukan ada kegagalan yang dapat
saya sampaikan sebagai pelaku aksi nyata di sekolah yaitu belum semua siswa dapat
memilih dan memilah bahan yang ada dilingkungannya yang adapat dijadikan bahan
praktikum IPA ada beberapa siswa yang menggunakan
bahan praktikum tertentu karena
ikut ikutan temannnya sehingga perlu adanya peran guru untuk mengarahkan sesuai kondisi kingkungan tempat tinggal siswa
tersebut
- Keberhasilan
Berdasarkan tolok ukur yang telah dijabarkan diatas
maka kegiatan pemanfaatan benda benda di
sekitar sebagai bahan praktikum IPA secara daring ini bisa dianggap berhasil karena siswa telah mampu memilih dan memilah bahan bahan yang ad di sekitar
lingkungan tempat tinggal mereka sebagai bahan praktikum IPA yang sangat diapresiasi positif oleh guru. Siswa mampu dan terlihat antusias di dalam proses pengerjaan
praktikum dan penyususnan laporan praktikum mereka baik berupa video ataupun makalah.
Rencana
Perbaikan
Dalam kegiatan pemanfaatan benda benda di sekitar sebagai bahan praktikum IPA yang telah dilakukan memang ada mengalami kendala, maka perlu dibuat rencana perbaikan demi
kebaikan aksi nyata selanjutnya. Rencana tersebut diantaranya : melakukadan n edukasi lanjutan kepada siswa yang
belum dapat memilah dan memilih bahan bahan praktikum yang ada di lingkungan
sekitarnya. Selain itu guru sebelum melakukan pembelajaran dan memeberikan
praktikum mestinya meluangkan lebih banyak waktu di dalam menggali ide dan
menuntun siswa untuk lebih detail mengamati lingkungan sekitarnya terkait
mencari dan memilah bahan praktikum yang dapat ia gunakan dalam pembelajaran praktikum IPA.
Dukungan yang dibutuhkan
Dalam melakukan aksi nyata saya saya sangat
membutuhkan dukungan dan suoprt baik dari Kepala sekolah Waka, teman /rekan guru, Orang tua
siswa dan siswa siswa
saya sendiri demi lancar dan suksesnya aksi nyata yang saya lakukan.
Dokumentasi
Gambar 2 : Bahan Ikan cupang pada praktikum
pencemaran Lingkungan
Gambar 3 : Bahan Kecebong pada praktikum
pencemaran Lingkungan
Gambar 4 : Video siswa sedang
mempresentasikan kegiatan praktikumnya
Gambar 5 :
Siswa sedang mengerjakan laporan praktikumnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar