Senin, 14 Juni 2021

Aksi Nyata 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA (Pemanfaatan benda benda di sekitar sebagai Bahan Praktikum IPA)

 

Pemanfaatan benda benda di sekitar sebagai Bahan Praktikum IPA

Ni Putu Damayanti,S.Pd

CGP Kabupaten Karangasem Provinsi Bali

 

Latar belakang

Selama masa pandemi Covid-19 berlangsung sekolah kami yaitu SMP Negeri 1 Amlapura yang berada di Kabupaten dengan Zona merah melaksanakan pembelajaran daring ( dalam jaringan ) dengan proses pembelajaran yang dilakukan secara online. Semua guru berproses untuk tetap menghadirkan pembelajaran yang baik walau dalam situasi yang sulit, demikianpun saya yang kesehariannya adalah seorang guru IPA juga mesti berpikir untuk dapat memnuhi kebutuhan belajar siswanya. Pembelajaran IPA yang baik harus mengaitkan IPA dengan kehidupan sehari-hari siswa. Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, mengembangkan ide, membangun rasa ingin tahu tentang segala sesuatu yang ada di alam terbuka. Penggunaan sumber media belajar yang bervariasi tentu akan memperbanyak pengalaman belajar siswa, membuat siswa menjadi tidak bosan dan memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa. Proses pembelajaran IPA sangat membutuhkan adanya kegiatan praktikum yang bisa dilakukan oleh siswanya. Menjadi hal yang mustahil jika guru tetep kekeh untuk melakukan praktikum sesuai dengan alat dan bahan yang tertera pada Buku Paket, atau LKS panduan praktikum, maka melihat situasi tersebut maka saya sebagai Guru IPA ditegah pandemi Covid-19 tergerak untuk mencoba mengajak siswa siswa saya untuk berpikir kreatif menggunakan benda benda di sekitar lingkungan mereka ( menekankan pada modal lingkungan dan SDM) agar dapat memilih dan memilah benda mana yang kiranya sesuai dan dapat digunakan sebagai bahan praktikum pengganti bahan praktikum yang ada di LAB IPA

 

Tujuan

Tujuan dari Aksi Nyata ini  adalah murid dapat  memanfaatkan benda benda di sekitar rumah dan lingkungannya sebagai bahan praktikum IPA

Tolok Ukur

Siswa mampu mengerjakan praktikum dengan bahan yang didapat dari lingkungannya

Linimasa tindakan yang akan dilakukan :

  1. Diawali dengan membangun komunikasi yang baik dengan siswa.
  2. Menggali ide /gagasan terkait praktikum yag akan dilakukan
  3. Memghimbau agar anak mampu berpikir kreatif untuk menemukan bahan yang dapat digunakan sebagai bahan praktikum
  4. Siswa menyajikan hasil kegiatan praktikumnya dengan bahan yang berasal dari lingkungannya

Deskripsi Aksi Nyata

Aksi nyata ini dilakukan pada semester Genap pada kelas 9A SMP Negeri 1 Amlapura Tahun Pelajaran 2020/2021, yang diawali dengan mengomunikasikan kegiatan praktikum yang akan dilakukan kepada siswa, dengan menggali gagasan dan ide siswa terkait praktikum yang akan dilakukan Selain itu guru membangun pemikiran kreatif siswa untuk dapat menemukan bahan bahan yang ada di lingkungan sekitarnya ( modal lingkungan) yang dapat digunakan sebagai bahan praktikum. Setelah melakukan itu semua barulah kegiatan praktikum dilakukan dengan tetap dipandu oleh guru dan hasil kegiatan praktikum tersebut disajikan dalam bentuk presentasi ataupun makalah atau video sesuai keinginan siswa tersebut.

Hasil Aksi Nyata

Dari kegiatan praktikum pada materi genetika dan materi pencemaran pada lingkungan. Siswa kelas 9A SMP Negeri 1 Amlapura sudah mampu untuk menemukan sendiri bahan bahan yang ada dilingkunagnnya yang bisa digunakan untuk kebutuhan Praktikum mata pelajaran IPA. Pada kegiatan praktikum genetika yaitu pada praktikum Peluang mempengaruhi kombinasi Gen yang biasanya menggunakan kancing genetika mak para siswa dapat menggunakan bahan bahan yang ada di sekitar mereka seperti ada siswa yang menggunakan kacang merah, kacang hijau, kacang undis,beras merah beras putih, biji jagung batu putih dan batu hitam serta ada pula siswa yang menggunakan gulungan gulungan kertas yang dibuat bulat bulat kecil lalu di beri warna hijau dan merah dengan menggunakan spidol. Sedangkan pada praktikum pencemaran lingkungan siswa dapat berkreasi memilih bahan praktikumnya seperti menggunakan ikan cupang, ikan mas, kecebong, ikan seribu dan lain sebagainya.

Pembelajaran Yang Didapat Dari Pelaksanaan

  • Kegagalan

Dari kegiatan pemanfaatan benda benda di sekitar sebagai  bahan praktikum IPA yang sudah dilakukan ada kegagalan yang dapat saya sampaikan sebagai pelaku aksi nyata di sekolah yaitu belum semua siswa dapat memilih dan memilah bahan yang ada dilingkungannya yang adapat dijadikan bahan praktikum IPA ada beberapa siswa yang menggunakan bahan praktikum tertentu karena ikut ikutan temannnya sehingga perlu adanya peran guru untuk mengarahkan sesuai kondisi kingkungan tempat tinggal siswa tersebut

  • Keberhasilan

    Berdasarkan tolok ukur yang telah dijabarkan diatas maka kegiatan pemanfaatan benda benda di sekitar sebagai  bahan praktikum IPA secara daring ini bisa dianggap berhasil karena siswa telah mampu memilih dan memilah bahan bahan yang ad di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka sebagai bahan praktikum IPA yang sangat diapresiasi positif oleh guru. Siswa mampu dan terlihat antusias di dalam proses pengerjaan praktikum dan penyususnan laporan praktikum mereka baik berupa video ataupun makalah.

 

Rencana Perbaikan

 

Dalam kegiatan pemanfaatan benda benda di sekitar sebagai  bahan praktikum IPA yang telah dilakukan memang ada mengalami kendala, maka perlu dibuat rencana perbaikan demi kebaikan aksi nyata selanjutnya. Rencana tersebut diantaranya : melakukadan n edukasi lanjutan kepada siswa yang belum dapat memilah dan memilih bahan bahan praktikum yang ada di lingkungan sekitarnya. Selain itu guru sebelum melakukan pembelajaran dan memeberikan praktikum mestinya meluangkan lebih banyak waktu di dalam menggali ide dan menuntun siswa untuk lebih detail mengamati lingkungan sekitarnya terkait mencari dan memilah bahan praktikum yang dapat ia gunakan  dalam pembelajaran praktikum IPA.

 

Dukungan yang dibutuhkan

Dalam melakukan aksi nyata saya saya sangat membutuhkan dukungan dan suoprt baik dari Kepala sekolah Waka, teman /rekan guru, Orang tua siswa dan siswa siswa saya sendiri demi lancar dan suksesnya aksi nyata yang saya lakukan.

Dokumentasi

 

Gambar 1 : Bahan kacang merah pada praktikum peluang


Gambar 2 : Bahan Ikan cupang pada praktikum pencemaran Lingkungan

Gambar 3 : Bahan Kecebong pada praktikum pencemaran Lingkungan


Gambar 4 : Video siswa sedang mempresentasikan kegiatan praktikumnya


Gambar 5 :  Siswa sedang mengerjakan laporan praktikumnya





 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amlapura)

                             MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA  ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amla...