- Dari Materi yang sudah saya pelajari, materi yang
menurut saya dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan
pembelajaran di kelas saya adalah penerapan pembelajaran
berdiferensiasi yang mana penerapan pembelajaran berdiferensiasi akan
mencover kebutuhan setiap siswa. dengan catatan guru telah membuat
pemetaan kebutuhan siswa baik yang dilihat dari minatnya, kesiapan belajar
dan profil belajar siswanya.
- Yang menurut saya sulit untuk diterapkan adalah
pembelajaran berdiferensiasi proses. Mengapa menurut hal tersebut sulit
diterapkan, karena mengingat kondisi PJJ yang mana pembelajaran dilakukan
secara daring (dalam jaringan) akan sangat sulit bagi guru mengobservasi
proses pembelajaran siswa secara langsung dan cermat. Apalagi harus
menggunakan proses berjenjang yag tentunya harus menguras tenaga ekstra
bagi guru dalam mengobservasi prosesnya dan mengevaluasinya.
- Jika
saya harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan yang Anda perlukan adalah dukungan penuh
pihak orang tua atau wali siswa untuk turut bersamasama mendampingi siswa
di dalam proses pembelajarannya sdehingga akan didapat hasil yang masimal.
Akses dukungan tersebut akan saya
dapatkan dari membangun komunikasi yang baik dengan orang tua siswa
- Jika saya menghadapi sebuah situasi, dimana
kebutuhan belajar siswa saya tidak dapat diakomodasi oleh pembelajaran
berdiferensiasi saya akan memberanikan diri mengambil risiko untuk
memodifikasi pembelajaran saya, meskipun hal tersebut mungkin tidak umum
atau tidak sesuai dengan sistem yang ada. Hal ini terkait dengan pemenuhan
kebutuhan siswa yang mesti kita penuhi, modifikasi yang akan saya laukan
saya usahakan untuk sekecil kecilnya berbenturan dengan sistem namun tetap
harus berkordinasi dengan atasan kita sebagai penanggung jawab kegiatan di
Sekolah dan pimpinan kita di sekolah. Bahkan sebelum saya mengenal
pembelajaran berdiferensiasi saya sudah pernah mengambil resiko dalam
memodifikasi pembelajaran saya, saya pernah menggunakan Lagak dan Biosing
dalam pembelajaran yang tentunya menjadikan kelas saya menjadi sedikit
ribut karena mereka memang harus bernyanyi. Dan seorang guru di kelas
sebelah menegur dan mengatakan bahwa kelas saya adalah kelas binatang. Namun
solusi tetap saya pikirkan untuk meminimalisir konfrontasi yaitu
menggunakan LAB IPA yang letaknya agak jauh dari kelas kelas supaya tidak
terlalu mengganggu kelas yang lainnya. jadi bagi saya mengambil resiko
demi siswa sudah pernah saya lakukan, Asal niat dan tujuannya positif
REFLEKSI LANJUTAN
- Saya dapat melakukan praktek
pembelajaran berdiferensiasi secara lebih efektif dengan menuangkannya
pada RPP agar langkah dan tujuan pembelajarannya menjadi lebih jelas dan
mudah
- Pendekatan
yang seharusnya saya ubahsuaikan adalah pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
yang berpihak pada siswa seperti diferensiasi konten diferensiasi proses
dan diferensiasi produk
- Saya
tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran
berdiferensiasi ini, karena saya berpikir bahwa kebutuhan siswa adalah hal
utama yang tentunya mesti kita penuhi sebagai seorang guru. Walaupun rintangan
dan tantangan selalu ada di setiap langkah saya namun saya akan berusaha
untuk selalu mencari solusi terbaik demi kebaikan murid dan saya sendiri
sebagai gurunya. Karena saya sadar guru yang baik adalah ia yang mengerti
akan kebutuhan siswanya dan berupaya untuk memenuhinya sebaai kewajibannya
sebagai guru demi terbentuknya profil pelajar pancasila.
Selain itu saya akan terus membina hubungan baik dan
komunikasi positif baik kepada Kepala sekolah, Rekan guru sejawat Orang tua
siswa dengan siswa siswa saya demi mencapai tujuan bersama
Kerenn bu 👍
BalasHapusterimaksih bu
HapusSelalu terdepan mengispirasi Bu sama👍🏻👍🏻
BalasHapusMakasi ibu,..sunarti
HapusSelalu gercep
BalasHapusmasih jauh darimu say
HapusMantap Bu👍👍
BalasHapusterimakasih
Hapus