RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
03
SATUAN PENDIDIKAN :
Sekolah Menengah Pertama
MATA PELAJARAN :
IPA
KELAS/SEMESTER :
VIII/1
TOPIK :
Rangka, Otot, dan Pesawat Sederhana
SUB TOPIK :
Pesawat Sederhana
ALOKASI WAKTU :
5 X 40 menit ( 2 x pertemuan )
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator
KT
|
Kopetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kopetensi
|
1
|
1.1.Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1.1
Mengagumi segala yang ada adalah ciptaan Tuhan
|
2
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan.
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas
sehari-hari
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
|
2.1.1
Memiliki rasa ingin tahu,teliti,jujur,percaya diri,tanggung jawab dan peduli
lingkungan
|
3
|
3.5
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari hari dan hubungannya
dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
|
3.5.1
Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang terdapat di sekitar pererta
didik
3.5.2
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari hari
|
4
|
4.5
Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
|
4.5.1
Menyelidiki keuntungan mekanik pesawat sederhana
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Melakukan
identifikasi jenis serta kegunaan pesawat sederhana yang ada dilingkungan
sekitar peserta didik
2.
Melakukan
penyelidikan keuntungan mekanik pesawat sederhana
D.
Materi
Pembelajaran
Pesawat Sederhana
· Tuas,
bidang miring, dan katrol
· Keuntungan
mekanis
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Model
: Problem Based Learning ( PBL )
F.
Media, Alat, Dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media : Carta
2.
Alat/Bahan : LKS
3.
Sumber
Belajar : Buku IPA SMP Kelas VIII,
Puskurbuk 2013
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (3
JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Problem Based Learning
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
· Guru dan peserta
didik mengucapkan salam/berdoa
· Guru mengecek
kehadiran peserta didik
· Guru mengisi
jurnal kelas
· Guru
menyampaikan topik pembelajaran.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Ø
Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar
gambar contoh pesawat sederhana
Ø
Guru memancing peserta didik agar mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan topic/ gambar yang diamati
|
90 menit
|
Mengorganisasikan
peserta didik.
|
Ø
Guru meminta siswa agar duduk berkelompok
|
||
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Ø
Guru
membagikan LKS 6 / bahan ajar ayo kita coba
Ø
Guru menginformasikan pada peserta didik kegiatan yang dilakukan yaitu
“Mengidentifikasi manfaat pesawat sederhana”
pada gegiatan” Ayo Kita coba” pada LKS 6
Ø
Guru
membimbing peserta didik dalam melakukan kegiatan secara berkelompok
Ø
Peserta
didik mencatat data hasil pengamatan
Ø Peserta didik mendiskusikan hasil identifikasinya dalam kelompok
Ø Guru melakukan penilaian unjuk kerja dan sikap peserta didik selama
melakukan kegiatan identifikasi
|
||
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
|
§ Setelah peserta didik selesai mengidentifikasi dan berdiskusi,
masing-masing kelompok dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil
identifikasi dan hasil diskusi kelompoknya secara klasikal
§ Guru mempersilahkan peserta didik mengajukan pertanyaan kepada kelompok
penyaji
|
||
Menganalisa
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Ø Guru memfasilitasi diskusi kelas
Ø Guru memberikan konfirmasi jika terdapat miskonsepsi setelah peserta
didik mempresentasikan hasil identifikasi dan hasil diskusi
|
||
Penutup
|
|
-
Guru membimbing peserta didik untuk menarik
kesimpulan.
- Mereview hasil
kegiatan pembelajaran
-
Pemberian penghargaan kepada kelompok yang
berkinerja baik
-
Peserta didik menjawab kuis secara lisan.
|
20 menit
|
Pertemuan 2 (2
JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Problem Based Learning
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
· Guru dan
peserta didik mengucapkan salam/berdoa
· Guru mengecek
kehadiran peserta didik
· Guru mengisi
jurnal kelas
· Guru
menyampaikan topik pembelajaran.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
|
10 MENIT
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Ø Guru memotivasi siswa terkait dengan pokok bahasan keuntungan
mekanik pesawat sederhana dengan mengamati gambar pesawat sederhana
Ø Guru memancing
peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan topic / gambar
yang diamati
|
60 Menit
|
Mengorganisasikan
peserta didik.
|
Ø Guru meminta
siswa agar duduk berkelompok
|
||
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Ø
Guru
membagikan LKS 7 / bahan ajar ayo kita lakukan
Ø
Guru menginformasikan pada peserta didik kegiatan yang dilakukan yaitu
“Mengidentifikasi Keuntungan Mekanik Pengungkit” pada gegiatan” Ayo Kita alakukan”
pada LKS 7
Ø
Guru
membimbing peserta didik dalam melakukan kegiatan secara berkelompok
Ø Peserta didik mencatat data hasil pengamatan
Ø Peserta didik mendiskusikan hasil identifikasinya dalam kelompok
Ø Guru melakukan penilaian unjuk kerja dan sikap peserta didik selama
melakukan kegiatan identifikasi
|
||
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
|
§ Setelah peserta didik selesai mengidentifikasi dan berdiskusi,
masing-masing kelompok dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil
identifikasi dan hasil diskusi kelompoknya secara klasikal
§ Guru mempersilahkan peserta didik mengajukan pertanyaan kepada kelompok
penyaji
|
||
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Ø Guru memfasilitasi diskusi kelas
Ø Guru memberikan konfirmasi jika terdapat miskonsepsi setelah peserta
didik mempresentasikan hasil identifikasi dan hasil diskusi
|
||
Penutup
|
|
-
Guru membimbing peserta didik untuk menarik
kesimpulan.
- Mereview hasil
kegiatan pembelajaran
-
Pemberian penghargaan kepada kelompok yang
berkinerja baik
-
Peserta didik menjawab kuis secara lisan.
|
10 Menit
|
H.
Penilaian
Jenis, Teknik
dan Bentuk Instrumen
Jenis
Penilaian
|
Teknik
Pengambilan
|
Bentuk
instrumen
|
Sikap
|
Observasi
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
Pengetahuan
|
Lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
Keterampilan
|
Unjuk
kerja
|
Lembar
observasi unjuk kerja
|
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Sikap
Spiritual
No
|
Nama Siswa
|
Berdoa sebelum dan sesudah
pembelajaran
|
Memberi salam
sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
Memelihara hubungan baik antar ciptaan
Tuhan
|
Menjaga lingkungan hidup
|
Jml
|
1.
|
........................
|
|
|
|
|
|
2.
|
.......................
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Selalu berperilaku dalam kegiatan
|
4
|
2
|
Sering berperilaku dalam kegiatan
|
3
|
3
|
Kadang-kadang berperilaku dalam
kegiatan
|
2
|
4
|
Tidak pernah berperilaku
|
1
|
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Sikap Sosial
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian sikap Gotong royong
|
Jml
|
Rata- Rata
|
Ket
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
1. aktif dalam kerja
kelompok
|
|||||||||
2. suka menolong
teman/ orang lain
|
|||||||||
3. kesediaan melakukan
tugas sesuai kesepakatan
|
|||||||||
4. rela berkorban
untuk orang lain
|
|||||||||
Kreteria Penilan
|
|||||||||
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
|
|||||||||
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
|
|||||||||
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
|
|||||||||
1 = tidak pernah,
apabial tidak pernah melakukan
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Katagori penilaian
|
Rumus Skor
|
||||||||
Sangat Baik : apabila
memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
|
skor perolehan x 4
|
||||||||
Baik : apabila
memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
|
skor maksimum
|
||||||||
Cukup : apabila
memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
|
|||||||||
Kurang : apabila
memperoleh skor : skor ≤ 1,33
|
1.
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN (DISKUSI)
No
|
Nama
Siswa
|
Mengkomonikasikan
|
Mendengarkan
|
Melakukan
inferensi(penilaian keutuhan laporan)
|
Total
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
Rubrik
:
Mengkomonikasikan
dengan baik ( 30 )
Mengkomonikasikan
cukup baik ( 20 )
Mengkomonikasikan
kurang baik ( 15 )
Mendengarkan
dengan baik ( 20 )
Mendengarkan
cukup baik ( 10 )
Mendengarkan
kurang baik ( 0 )
Inferensi
lengkap ( 50 )
Inferensi
cukup lengkap ( 35 )
Inferensi
kurang lengkap ( 20 )
1)
Nilai
= skor perolehan x 100
skor
maksimum
1.
INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
DAFTAR PERTANYAAN
1.
Berikut
beberapa contoh pesawat sederhana
a.
Gunting
b.
Pisau
c.
Gerogak
dorong
d.
Steples
e.
Gear
sepeda
f.
Sekrup
g.
Katrol
pada tiang bendera
Manakah
dari pesawat sederhana ditas yang merupakan :
·
Tuas
jenis pertama
·
Tuas
jenis kedua
·
Tuas
jenis ketiga
·
Bidang
miring
·
Katrol
·
Roda
berporos
Serta
sebutkan fungsi dari masing masing pesawat sederhana tersebut
2.
Untuk
mengangkat beban yang beratnya 200 N ke atas bak truk, seorang buruh
menggunakan papan yang panjangnya 3 meter dan tinggi bak truk terhadap tanah
1,5 meter, jika gaya kuasa atau gaya dorong yang dikeluarkan buruh 100 N
tentukanlah keuntungan mekanik dari bidang miring tersebut.
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Amlapura
Drs I Nyoman Sutama, M.Si
Nip. 19601231 198603 1 369
|
Amlapura, 24 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran IPA
Ni Putu Damayanti, S.Pd
Nip. 19850131 201001 2 021
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar