RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
01
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP N 1
Amlapura
|
Mata Pelajaran
|
:
|
IPA
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII/1
|
Materi Pokok
|
:
|
Gerak pada Makhluk Hidup
dan Benda
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x Tatap Muka (10 JP) |
A.
Kompetensi Inti
1.
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
3.
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4.
|
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
1.1
|
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
||
2.1
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
|
||
2.2
|
Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan
percobaan, dan melaporkan hasil percobaan.
|
||
2.3
|
Menunjukkan prilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari.
|
||
2.4
|
Menunjukkan penghargaan kepada orang
dalam aktivitas sehari-hari
|
||
3.1
|
Memahami gerak
lurus, pengaruh gaya terhadap gerak, serta penerapannyapada gerak makhluk
hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
|
||
|
Indikator
:
|
||
3.1.1
|
Menganalisis
contoh gerak benda pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang diterima atau bagian
tumbuhan yang menanggapi rangsang
|
||
3.1.2
|
Menjelaskan
jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya
|
||
3.1.3
|
Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan
hidupnya
|
||
3.1.4
|
Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang
dilakukan
|
||
3.1.5
|
Menghitung kecepatan seorang anak bersepeda dengan menggunakan rumus
gerak lurus beraturan
|
||
3.1.6
|
Menganalisis peristiwa kelembaman berdasarkan gravik v – t yang disajika
|
||
3.1.7
|
Menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda
bergerak
|
||
3.1.8
|
Menyebutkan pasangan gaya aksi dengan reaksi
|
||
3.1.9
|
Membandingkan besar gaya aksi reaksi yang terjadi antara burung dengan
udara ketika burung sedang terbang
|
||
|
3.1.10
|
Mengevaluasi penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
|
4.1
|
Melakukan
penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang
pengaruh gaya terhadap gerak
|
||
|
Indikator:
|
||
|
4.1.1
|
Melakukan
penyelidikan pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak daun putri malu
|
|
4.1.2
|
Melakukan
pengamatan tentang jenis gerak pada 10 tanaman yang berbeda
|
||
4.1.3
|
Melakukan percobaan
gerak lurus pada benda
|
||
4.1.4
|
Melakukan percobaan
tentang pengaruh gaya terhadap gerak
|
||
4.1.5
|
Menghitung jarak
tempuh hewan yang berlari dengan kecepatan dan waktu tertentu
|
||
4.1.6
|
Menghitung berat
benda dengan menggunakan hukum II Newton
|
||
4.1.7
|
Menganalisis
penerapan hukum III Newton pada atlet lompat tinggi
|
||
C.
Tujuan Pembelajaran
|
|||||||||
|
|||||||||
|
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Gerak pada tumbuhan bersifat
pasif. Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga macam
yaitu:
a.
Gerak Endonom adalah gerak yang
berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri contohnya: gerak pertumbuhan daun,
gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticillata
b.
Gerak Higroskopis adalah gerak
bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga
terjadi pengerutan yang tidak merata
Contohnya : merekahnya kulit
buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan, membukanya diding
sporangium (korak spora) paku-pakuan.
c.
Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan
yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
Gerak Esionom berdasarkan jenis rangsangannya dapat
dibedakan menjadi tiga yaitu:
1.
Gerak Tropisme adalah gerak
tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi arah datangnyarangsangan dari luar.
Berdasarkan jenis rangsangannya gerak tropisme dibagi menjadi:
a.
Geotropisme
b.
Hidrotropisme
c.
Fototropisme,
d.
Kemotropisme,
e.
Tigmotropisme
2.
Gerak Taksis adalah gerak
pindah tempat seluruh bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi oleh sumber
rangsangan. Yang dilakukan oleh organism bersel satu.
Berdasarkan jenis rangsangannya
taksis dapat dibedakan menjadi :
a.
Kemotaksis
b.
Fototaksis
3.
Gerak Nasti adalah gerak
sebagian tubuh tumbuhan akibat
rangsangan dari luar yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.
Berdasarkan jenis rangsangannya gerak
nasti dibedakan menjadi:
a.
Niktinasti
b.
Fotonasti
c.
Seismonasti
d.
Termonasti
e.
Nasti Kompleks
Pertemuan 2
Gerak
pada Hewan
Hewan bergerak dengan cara
berlari, berjalan, berenang, merayap, terbang, dan lain sebagainya tergantung
pada struktur tubuhnya dan habitatnya. Kecepatan gerak pada hewan tergantung
pada kekuatan otot-otot alat geraknya, struktur tulang dan bentuk alat geraknya.
Pertemuan 3
Gerak Lurus pada Benda
Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh
(misalnya; gaya otot dan gaya gesek). Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan
oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. Gaya gesek adalah gaya yang ditimlkan
akibat adanya dua buah benda yang saling bergesekan. Gaya gesek selalu
berlawanan dengan arah gaya.
Gaya tak sentuh (misalnya; gaya magnet, gaya gravitasi bumi). Gaya magnet
merupakan gaya yang timbul akibat adanya medan magnet
Pertemuan 4
Hukum I Newton
Hukum pertama Newton
menyatakan bahwa benda akan cebdreung diam atau bergerak lurus beraturan bila
resulta gaya yang bekerja sama dengan nol
(∑ F = 0)
Hukum II Newton
Percepatan gerak sebuah benda berbanding
lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya
atau a = . Pernyataan ini
dikenal sebagai hukum II Newton.
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model :
Learning Cycle, Discovery learning
3. Metode :
pengamatan, Percobaan, diskusi, ceramah
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
|
:
|
Tumbuhan putri malu, Gambar-gambar benda, charta macam-macam hewan,
komputer, CD,
|
|
2. Alat/Bahan
|
:
|
Alat:
a. Mobil mainan
b. Mistar
c. Ticker timer
d. Korek api atau lilin
e. Stopwatch
f. beban 100 gram
g. Katrol
h. Kereta
i. Tali
j. Gelas 1 buah
|
Bahan:
1. Es dibungkus plastik
2. Pita kertas
3. LKS praktikum
|
G.
Sumber Belajar
Zubaidah, Siti. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia.
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Pendekatan Saintific
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
· Guru melakukan pemusatan perhatian
dengan mengajukan pertanyaan” Manusia
dan hewan memiliki prilaku gerak yang
tidak jauh berbeda. Manusia dan hewan sama-sama bisa berjalan dan menunjukkan
gerakan yang mudah diamati, namun
bagaimana dengan gerak pada tumbuhan? Apakah tumbuhan juga melakukan
gerak ? Bagian apa saja dari tumbuhan yang dapat bergerak?
· Guru menyampaikan kepada peserta
didik tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
· Guru menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh
setelah mempelajari gerak pada tumbuhan
( untuk mengetahui dan menjelaskan
gerak pada tumbuhan.).
Guru membagi siswa menjadi 6
kelompok
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
|
·
Guru meminta peserta didik membaca
dan mengamati LKS tentang gerak pada tumbuhan yang diberikan oleh guru?
|
|
Menanya
|
· Memberi kesempatan kepada siswa untuk menayakan hal-hal yang tidak
dimengerti
|
|
|
Mengumpulkan Informasi
|
·
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relefan untuk menjawab pertanyaan.
|
|
|
Menalar
|
· Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk membuat jawaban
pertanyaan-pertanyaan yang ada pada LKS
|
|
|
Mengomunikasikan
|
· Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi pada
kelompoknya tentang gerak pada tumbuhan.
· Peserta didik dapat menyimpulkan factor-faktor yang mempengaruhi
gerak pada tumbuhan.
|
|
|
Penutup
|
|
· Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
· Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk
penghargaan lain yang relepan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
· Peserta didik menjawab kuis tentang
Macam macam gerak pada tumbuhan dan
factor-faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan
· Pemberian tugas untuk melakukan tugas terstruktur yaitu praktikum
pengamatan gerak membuka dan menutupnya daun putri malu.
|
|
Pertemuan II
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Learning Cycle
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Engagement
|
1)
Guru mengucapkan salam “Om Swastiastu”
2)
Memusatkan perhatian dengan
mengecek kehadiran peserta didik.
3)
Memberikan apersepsi dengan
mengajukan pertanyaan:
Bagaimana pergerakan hewan dibandingkan
dengan tumbuhan?
Bagaimana alat gerak hewan yang hidup di air
dan hidup di darat? Mengapa berbeda?
4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
5)
Memberi informasi kepada peserta didik bahwa
pertemuan kali ini akan mendiskusikan kegiatan LKS:03
6)
Menyampaikan
format penilaian sikap dalam diskusi
7)
Peserta
didik mengorganisir diri dalam kelompok-kelompok belajar (4-5 orang)
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
2 Eksplorasi
3. Explaination
4. Elaboration
|
1) Peserta didik dalam kelompok Melakukan
eksplorasi dengan mengamati gambar/charta, mencari informasi dan berdiskusi
untuk menemukan jawaban dari LKS 03
2) Guru memberi batasan waktu pada peserta didik
dalam mengerjakan LKS 03
3) Guru
membimbing dan mendorong diskusi siswa
4) Peserta didik menuliskan jawaban pada
kolom-kolom kosong yang tersedia dan menjawab pertanyaan diskusi dari
LKS 03
5) Guru
mengajukan pertanyaan untuk memancing
pemahaman siswa saat bekerja (perhatikanlah! Apakah semua hewan memiliki alat
gerak?)
6) Guru meluruskan pemahaman peserta didik yang
keliru dan memberi tambahan penjelasan singkat didik
7) Peserta didik melalui perwakilan kelompoknya
menyampaikan pandangannya tentang jawaban dari pertanyaan diskusi yang telah
dipelajari dalam diskusi kelas
8) Peserta didik dari kelompok-kelompok yang
lain menanggapi presentasi kelompok yang tampil
9) Guru mengajukan pertanyaan untuk menguatkan/
meluruskan konsep baru yang telah didiskusikan
(1) apakah
makin panjang kaki atau makin kuat
otot gerakannya makin cepat? (2)
Bagaimana pergerakan hewan karang?
10) Peserta didik memberikan jawaban dengan
menunjuk contoh-contoh
11) Guru memberi
penguatan atau meluruskan atas
jawaban peserta didik
12) Guru mengajukan pertanyaan untuk membantu
peserta didik mengemukakan kesimpulan
|
50
menit
|
Penutup
|
5. Evaluasi
|
1) Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar siswa dengan mengajukan
pertanyaan lisan
2) Guru mengapresiasi proses dan hasil kegiatan
diskusi yang telah berlangsung
3) Guru menyebarkan lembar penilaian diri,
kepada semua siswa
4) Peserta didik menjawab lembar penilaian diri
5)
Guru
mengingatkan siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dibelajarkan pada
pertemuan berikunya.
|
20 menit
|
Pertemuan III
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
Stimulation
|
Ø Guru memberikan memberikan apersepsi
berupa pertanyaan “ Mengapa benda dapat bergerak? Gerakan apa saja yang bisa
dilakukan oleh benda?apakah keadaan sekitar benda dapat mempengaruhi gerak benda?
Ø Guru menyampaikan kepada peserta didik
tujuan pembelajaran yang tertera pada kegiatan ‘Ayo kita pelajari!
Ø Guru menyampaikan kepada peserta didik
nilai yang diperoleh setelah mempelajari bagian ini yang tertera pada
‘Mengapa Hal ini Penting?
Ø Guru mengorganisir peserta didik menjadi
beberpa kelompok yang terdiri atas 3-5 orang
|
|
1.
Inti
|
|
90 menit
|
Problem Statement
|
Ø Guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk memgidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan
gerak lurus, kumudian dipilih satunya untuk ditetapkan dan dibuat
hipotesisnya.
|
|
Data collection
|
Ø Secara berkelompok peserta didik
melakukan percobaan gerak lurus beraturan yang tertera pada kolom ‘Ayo kita
coba’!
Ø Peserta didik melakukan percobaan gerak
lurus beraturan sesuai petunjuk LKS Percobaan gerak lurus
Ø Peserta didik memperoleh data percobaan berupa pita
kertas yang sudah ditandai oleh ticker tamer
|
|
Data processing
|
Ø Peserta didik melakukan kegiatan
mengolah data pita tadi yang tertera pada kolom ‘Apa yang dapat kamu temukan?
|
|
Verification
|
Ø Peserta didik melakukan pembuktian hasil
pengolahan data dengan menjawab pertanyaan yang ada di LKS
|
|
2.
Penutup
|
|
15 menit
|
Generalization
|
Ø Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan
Ø Guru menugaskan peserta didik untuk
mempelajari materi penting berikutnya dan mengerjakan soal pada kolom ‘Ayo
kita coba’
|
|
Pertemuan IV
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
10 menit
|
Menciptakan
situsi (Stimulation)
|
Ø Guru
melakukan pemusatan perhatian dengan cara :
·
Guru memperlihatkan gambar seorang anak duduk di jok mobil dan menggunakan
sabuk pengaman
·
Guru bertanya kepada peserta didik
mengapa memindahkan meja besar lebih cepat dilakukan bila dikerjakan oleh 2
orang daripada dilakukan sendiri ?
·
Guru memancing peserta didik agar memberi komentar atau mengajukan
pertanyaan yang
berkaitan hal yang disampaikan.
Ø Guru menyampaikan kepada peserta didik
tujuan pembelajaran
Ø Guru menyampaikan kepada peserta didik
nilai yang diperoleh setelah mempelajari bagian ini yang tertera pada
‘Mengapa Hal ini Penting?
Ø Guru mengorganisir peserta didik menjadi
beberpa kelompok yang terdiri atas 3-5 orang
|
|
3.
Inti
|
|
60 menit
|
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah
(Problem Statement)
|
Ø Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu eksperimen membuktikan sifat kelembaman suatu benda dan percobaan hukum II Newton
Ø Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS membuktikan
sifat kelembaman suatu benda
Ø Melakukan
percobaan membuktikan sifat kelembaman suatu benda dan percobaan hukum II Newton
|
|
Data collection
|
Ø Peserta
didik mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan
Ø Mengolah
dan menganalisis data percobaan dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan
pada LKS
|
|
Data processing
|
Ø Diskusi
prinsip-prinsip sifat kelembaman suatu
benda dan percobaan hukum II Newton berdasarkan data hasil percobaan dan mencocokan dengan
konsep pada buku sumber
|
|
Verification
|
Ø Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
|
4.
Penutup
|
|
10 menit
|
Generalization
|
Ø Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan
Ø Guru menugaskan peserta didik untuk
mempelajari materi penting berikutnya dan mengerjakan soal tes uraian
|
|
I.
Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh butir Instrumen
|
Waktu pelaksaaan
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
b. Sikap sosial
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
butir Instrumen
|
Waktu
pelaksaaan
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
c. Pengetahuan
No
|
KD
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik
|
|
1
|
3.1
|
3.1.1
|
Menganalisis contoh gerak benda pada tumbuhan
berdasarkan penyebabnya dan
jenis rangsang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
|
tes tulis
|
2
|
3.1.2.
|
Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya
|
tes tulis
|
|
3
|
3.1.3
|
Menganalisis alat gerak
hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
|
tes tulis
|
|
4
|
3.1.4
|
Menjelaskan sistem otot
hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
|
tes tulis
|
|
5
|
3.1.5
|
Menghitung kecepatan seorang
anak bersepeda dengan menggunakan rumus gerak lurus beraturan
|
tes tulis
|
|
6
|
3.1.6
|
Menganalisis peristiwa
kelembaman berdasarkan gravik v – t yang disajikan
|
tes tulis
|
|
7
|
3.1.7
|
Menyimpulkan hubungan antara
gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak
|
tes unjuk kerja
|
|
8
|
3.1.8
|
Menyebutkan pasangan gaya
aksi dengan reaksi
|
tes tulis
|
|
9
|
3.1.9
|
Membandingkan besar gaya
aksi reaksi yang terjadi antara burung dengan udara ketika burung sedang
terbang
|
tes tulis
|
|
10
|
3.1.10
|
Mengevaluasi penerapan hukum
III Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
tes tulis
|
|
11
|
4.1
|
4.1.1
|
Menjelaskan jenis-jenis
gerak yang dilkukan oleh tanaman putri malu
|
tes unjuk kerja
|
12
|
4.1.2
|
Menjelaskan prinsip gerak
yang dilakukan oleh burung, ikan, dan kuda berdasarkan bentuk tubuhnya
|
tes tulis
|
|
13
|
4.1.5
|
Menghitung jarak tempuh
hewan yang berlari dengan kecepatan dan waktu tertentu
|
tes tulis
|
|
14
|
4.1.6
|
Menghitung berat benda
dengan menggunakan hukum II Newton
|
tes tulis
|
|
15
|
4.1.7
|
Menganalisis penerapan hukum
III Newton pada atlet lompat tinggi
|
|
d. Keterampilan
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes penilaian kinerja
eksperimen
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan Ganda
|
3.
Instrumen Penilaian
a. Lembar
Pengamatan Ketrampilan Praktikum
Penilaian Ketrampilan percobaan
gerak pada tumbuhan
No Nama Persiapan Percobaan Pelaksanaan Percobaan Kegiatan
Akhir Percobaan Jumlah Skor
1. ………………………
2. ……………………..
Rubrik
No
|
Keterampilan yang
dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Persiapan Percobaan
(Menyiapkan alat Bahan)
|
30
|
-
Alat-alat tertata rapih sesuai dengan urutan
percobaan
-
Bahan-bahan tersedia dengan lengkap
-
Alat praktikum dalam keadaan siap pakai
|
20
|
Ada 3 aspek yang
tersedia
|
||
10
|
Ada 2 aspek yang
tersedia
|
||
2
|
Pelaksanaan Percobaan
|
30
|
-
Melakukan percobaan sesui dengan petunjuk
-
Melakukan percobaan dengan 4 macan rangsang
yang berbeda
-
Mencatat data sesuai dengan fakta yang diamati
|
20
|
Ada 3 aspek yang
tersedia
|
||
10
|
Ada 2 aspek yang
tersedia
|
||
3
|
Kegiatan akhir Percobaan
|
30
|
-
Membersihkan alat yang digunakan
-
Membersihkan meja praktikum
-
Mengembalikan alat ke tempat semula
|
20
|
Ada 3 aspek yang
tersedia
|
||
10
|
Ada 2 aspek yang
tersedia
|
Instrumen Soal
Pengetahuan
Soal Uraian
1.
Jelaskan jenis grerak apa saja
yang dapat dilakukan oleh tanaman putri malu!
2.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar diatas menunjukkan gejala gerak pada tumbuhan
Peristiwa gerak apakah yang
terjadi pada kedua gambar tumbuhan di atas?
Jelaskan
Soal Pilihan Ganda
1.
Gerak tumbuhan yang memerlukan
rangsangan berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan
yang tidak merata disebut . . . .
A.
Gerak hidronasti
B.
Gerak hidrotropisma
C.
Gerak higroskopis
D.
Gerak hidrostatis
2.
Contoh gerak tumbuhan berikut
yang bukan merupakan gerak nasti adalah ….
A.
Menguncupnya daun tanaman
leguminosae
B.
Mekarnya bunga pukul empat
C.
Menutupnya daun putri malu
D.
Merekahnya kulit buah-buahan
yang sudah kering pada tumbuhan polongan
Kunci jawaban
Rubrik Penilaian
Uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika menjawab tiga macam gerak
dengan benar
Jika menjawab dua macam gerak dengan benar
Jika menjawab satu macam gerak dengan benar
|
30
20
10
|
2
|
a. Jika menjawab tiga macam gerak dengan penjelasan yang benar
Jika menjawab dua macam gerak dengan penjelasan
yang benar
Jika menjawab satu macam gerak dengan
penjelasan yang benar
|
60
40
20
|
|
b. Jika menjawab dua macam gerak dengan penjelasan yang benar
Jika
menjawab satu macam gerak dengan penjelasan yang benar
|
20
10
|
Total
|
100
|
Rubrik Penilaian
Pilihan Ganda
Soal
Nomor
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
C
|
50
|
2
|
D
|
50
|
TOTAL
|
100
|
4.
Pembelajaran remedial
Pembelajaran remedial dilaksanakan
berdasarkan hasil analisis hasil penilaian harian.
a. Belum tuntas secara klasikal:
pembelajaran ulang (2 jp)
b. Belum tuntas secara individual:
belajar kelompok atau tutor sebaya.
5.
Pembelajaran pengayaan
Penugasan berkelompok di luar jam pelajaran.
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1 Amlapura
I Komang
Suweca, S.Pd, Ek
Nip. 19640914
198411 1 002
|
Amlapura, 10
Juli 2017
Guru Mata
Pelajaran IPA
Ni Putu
Damayanti, S.Pd
Nip. 19850131
201001 2 021
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar