RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
02
SATUAN
PENDIDIKAN : Sekolah Menengah Pertama
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER :
VII/1
TOPIK : Rangka , otot, dan Pesawat Sederhana
SUB
TOPIK :
Rangka dan otot pada manusia
ALOKASI
WAKTU :
8 jp ( 3 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 . Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator
KI
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1.Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1
Mengagumi segala yang ada adalah ciptaan Tuhan
|
|
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain
dalam aktivitas sehari-hari
|
2.1.1
Memiliki rasa ingin tahu,teliti,jujur,tanggung jawab dan peduli lingkungan
|
3
|
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot
manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
|
3.4.1 Menjelaskan fungsi sistem
rangka bagi tubuh manusia
3.4.2 Mengidentifikasi jenis
tulang penyusun sistem gerak manusia.
3.4.3 Mendeskripsikan struktur
tulang manusia.
3.4.4 Mendeskripsikan fungsi
sistem rangka bagi manusia.
3.4.5 Mendeskripsikan struktur
otot manusia.
3.4.6 Mendeskripsikan fungsi
otot bagi manusia.
3.4.7 Mengidentifikasi jenis
sendi yang terdapat pada tubuh manusia.
|
4
|
4.4. Menyajikan tulisan tentang
upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan
perilaku sehari-hari
|
4.4.1 Menyusun sebuah brosur
tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
1
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Menyebutkan fungsi system rangka pada tubuh manusia
1. Mengidentifikasi
jenis tulang penyusun sistem gerak manusia dengan mengamati gambar
2.
Mengklasifikasikan berbagai jenis tulang
penyusun sistem rangka manusia.
3.
Mendeskripsikan struktur tulang manusia
4.
Menyusun
sebuah brosur tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan
zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari
Pertemuan
2
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1 Melakukan
identifikasi berbagai macam jenis sendi
yang berperan pada berbagai aktifitas
yang dilakukan peserta.
Pertemuan
3
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Menyebutkan
fungsi otot pada manusia
2. Menjelaskan
perbedaan otot jantung, otot rangka, dan otot polos dengan mengamati gambar
D.
Materi
Pembelajaran
Sistem Gerak Pada Manusia
1. struktur Rangka Manusia
2. Struktur Otot
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Model
: Problem Based Learning ( PBL )
F.
Media,
Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Carta/Torso
2.
Alat/Bahan : LKS
3.
Sumber Belajar : Buku IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013, Interne
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 ( 3 jp)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Problem Based Learning
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
Pemusatan perhatian :
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengecek kehadiran
·
Guru
mengisi jurnal kelas
·
Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Guru memotivasi siswa terkait dengan pokok
bahasan Struktur
Rangka dengan mengamati torso rangka manusia
Ø Guru memancing
peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan topic / torso
yang diamati
|
90 menit
|
Mengorganisasikan
peserta didik.
|
v Guru meminta
siswa agar duduk berkelompok
|
||
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
§
Guru
membagikan LKS 1 dan LKS 2 / bahan ajar Ayo kita coba dan ayo kita lakukan
§
Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada
2 kegiatan yang dilakukan yaitu “Mengidentifikasi tulang penyusun system
rangka manusia” pada gegiatan” Ayo Kita Coba” pada LKS 1
§
“Mengklasifikasikan tulang berdasarkan bentuk dan
ukuran” pada kegiatan” Ayo Kita Lakukan” pada
LKS 2
§ Guru membimbing peserta didik dalam melakukan kegiatan
secara berkelompok
§ Peserta didik mencatat data hasil pengamatan
§ Guru melakukan penilaian unjuk kerja dan sikap peserta didik selama
melakukan kegiatan
|
||
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
ü Setelah peserta didik selesai melakukan kegiatan dan berdiskusi,
masing-masing kelompok dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil kegiatan
dan hasil diskusi kelompoknya secara klasikal
ü Guru mempersilahkan peserta didik mengajukan pertanyaan kepada kelompok
penyaji
|
||
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
v Guru memfasilitasi diskusi kelas
v Guru memberikan konfirmasi jika terdapat miskonsepsi setelah peserta
didik mempresentasikan hasil kegiatan dan hasil diskusi
|
||
Penutup
|
|
Ø Peserta didik dan guru meriview hasil kegiatan pembelajaran
Ø
Guru
menuntun siswa untuk menarik simpulan terkait kegiatan yang dilakukan
Ø Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
Ø Guru melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang
sudah berlangsung
Ø
Peserta didik diberikan
tugas membuat tugas proyek berupa brosur tentang upaya menjaga
kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
sehari-hari
|
20 menit
|
Pertemuan kedua
(2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Problem Based Learning
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
|
Pemusatan perhatian :
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengecek kehadiran
·
Guru
mengisi jurnal kelas
·
Menyampaikan topik
dan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada
masalah
|
Pada
kegiatan motivasi:
v Guru melakukan
apersepsi dengan menanyakan kembali fungsi rangka tubuh manusia
v Guru menunjuk
salah seorang peserta didik ke depan kelas untuk melakukan berbagai gerakan anggota
tubuhnya
v Guru memancing
peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gerakan
anggota tubuh yang dilakukan oleh salah seorang pererta didik yang ditunjuk
ke depan kelas
|
|
Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik
|
ü Guru mengorganisasikan peserta didik secara heterogen menjadi 5
kelompok belajar
|
50 menit
|
|
Fase 3
Membimbing penyelidikan individu
dan kelompok
|
Ø
Guru
membagikan LKS 3 / bahan ajar ayo kita lakukan
Ø
Guru menginformasikan pada peserta didik kegiatan yang dilakukan yaitu
“Mengidentifikasi sendi- sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari” pada gegiatan” Ayo Kita Lakukan”
pada LKS 3
Ø
Guru
membimbing peserta didik dalam melakukan kegiatan secara berkelompok
Ø Peserta didik mencatat data hasil pengamatan
Ø Peserta didik mendiskusikan hasil identifikasinya dalam kelompok
Ø Guru melakukan penilaian unjuk kerja dan sikap peserta didik selama
melakukan kegiatan identifikasi
|
||
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
|
§ Setelah peserta didik selesai mengidentifikasi dan berdiskusi,
masing-masing kelompok dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil
identifikasi dan hasil diskusi kelompoknya secara klasikal
§ Guru mempersilahkan peserta didik mengajukan pertanyaan kepada kelompok
penyaji
|
||
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
Ø Guru memfasilitasi diskusi kelas
Ø Guru memberikan konfirmasi jika terdapat miskonsepsi setelah peserta
didik mempresentasikan hasil identifikasi dan hasil diskusi
|
||
Kegiatan penutup
|
|
Ø Peserta didik dan guru meriview hasil kegiatan pembelajaran
Ø
Guru
menuntun siswa untuk menarik simpulan terkait kegiatan yang dilakukan
Ø Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
Ø Guru melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang
sudah berlangsung
Ø Memberikan tugas baca tentang otot
|
20 menit
|
Pertemuan ketiga
(3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Problem Based Learning
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
|
Pemusatan perhatian :
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengecek kehadiran
·
Guru
mengisi jurnal kelas
·
Menyampaikan topik
dan tujuan pembelajaran
|
20 menit
|
Kegiatan inti
|
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada
masalah
|
Pada
kegiatan motivasi:
v Guru melakukan
apersepsi dengan menanyakan kembali fungsi rangka tubuh manusia
v Guru melakukan
gerakan mondar mandir di depan kelas
v Guru memancing
peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gerakan mondar
mandir yang dilakukan guru
|
|
Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik
|
ü Guru mengorganisasikan peserta didik secara heterogen menjadi 5
kelompok belajar
|
80 menit
|
|
Fase 3
Membimbing penyelidikan individu
dan kelompok
|
§ Guru membagikan LKS 4 dan LKS 5/ bahan ajar Ayo kita
lakukan dan ayo kita coba
§
Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada
2 kegiatan yang dilakukan yaitu “Mengamati diameter otot” pada gegiatan” Ayo
Kita Lakukan” pada LKS 4
§
“Mengamati otot jantung, otot rangka, dan otot
polos” pada kegiatan” Ayo Kita Coba” pada LKS 5
§ Guru membimbing peserta didik dalam melakukan kegiatan
secara berkelompok
§
Peserta
didik mencatat data hasil pengamatan
§
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dalam kelompok
§ Guru melakukan penilaian unjuk kerja dan sikap peserta didik selama
melakukan kegiatan
|
||
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
|
·
Setelah peserta didik
selesai mengidentifikasi dan berdiskusi, masing-masing kelompok dipersilahkan
untuk mempresentasikan hasil identifikasi dan hasil diskusi kelompoknya
secara klasikal
·
Guru mempersilahkan
peserta didik mengajukan pertanyaan kepada kelompok penyaji
|
||
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
§ Guru memfasilitasi diskusi kelas
§ Guru memberikan konfirmasi jika terdapat miskonsepsi setelah peserta
didik mempresentasikan hasil identifikasi dan hasil diskusi
|
||
Kegiatan penutup
|
|
Ø Peserta didik dan guru meriview hasil kegiatan pembelajaran
Ø
Guru
menuntun siswa untuk menarik simpulan terkait kegiatan yang dilakukan
Ø Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
Ø Guru melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang
sudah berlangsung
|
20 menit
|
H.
Penilaian
1. Jenis, Teknik
dan Bentuk Instrumen
I.
Jenis
Penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Observasi
|
Lembar
pengamatan sikap
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Tes
pilihan ganda
|
Keterampilan
|
Ujuk
kerja
|
Lembar
observasi unjuk kerja
|
1.
ISTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Sikap
Spiritual
No
|
Nama Siswa
|
Berdoa sebelum dan sesudah
pembelajaran
|
Memberi salam
sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
Memelihara hubungan baik antar ciptaan
Tuhan
|
Menjaga lingkungan hidup
|
Jml
|
1.
|
........................
|
|
|
|
|
|
2.
|
.......................
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Selalu berperilaku dalam kegiatan
|
4
|
2
|
Sering berperilaku dalam kegiatan
|
3
|
3
|
Kadang-kadang berperilaku dalam
kegiatan
|
2
|
4
|
Tidak pernah berperilaku
|
1
|
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Sikap Sosial
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian sikap percaya diri
|
Jml
|
Rata- Rata
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
1. berani presentasi
didepan kelas
|
||||||||
2. berani berpendapat,
bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
||||||||
3. berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
||||||||
4. mampu membuat
keputusan dengan cepat
|
||||||||
5. tidak mudah putus
asa pantang menyerah
|
||||||||
Kreteria Penilan
|
||||||||
4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
|
||||||||
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
|
||||||||
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
|
||||||||
1 = tidak pernah,
apabial tidak pernah melakukan
|
||||||||
Katagori penilaian
|
Rumus Skor
|
|||||||
Sangat Baik : apabila
memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
|
skor perolehan x 4
|
|||||||
Baik : apabila
memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
|
skor maksimum
|
|||||||
Cukup : apabila
memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
|
2. INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
(Praktikum)
NO
|
Kreteria/
Aspek yang dinilai
|
Aspek
1
|
Aspek2
|
Aspek3
|
Jumlah
|
Nilai
0-100
|
|
Skor
mak kriteria
|
4
|
4
|
4
|
12
|
|
|
Nama
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Kreteria
/ Aspek yang dinilai Keterangan
penilaian
1. Keaktifan dalam melakukan
kegiatan praktek 1= kurang
2. Kerjasama dalam kelompok saat
praktek 2= cukup
3. Kesesuaian laporan dengan
kegiatan praktek 3= baik
4=
sangat baik
Nilai= X 100
Penilaian proyek
digunakan
tugas membuat brosur tentang kelainan pada sistem gerak manusia
Rubrik
NO
|
Kreteria/
Aspek yang dinilai
|
Aspek
1
|
Aspek2
|
Aspek3
|
Jumlah
|
Nilai
0-100
|
|
Skor
mak kriteria
|
4
|
4
|
4
|
12
|
|
|
Nama
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Keteria/ Aspek yang
dinilai Keterangan
Penilaian
1= Kelengkapan isi
brosur 1=
kurang
2= Tampilan brosur 2=
cukup
3= Ketepatan waktu
pengumpulan 3=
baik
3=
sangat baik
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1
Amlapura
Drs I Nyoman Sutama, M.Si
Nip. 19601231 198603 1
369
|
Amlapura, 24 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran IPA
Ni Putu Damayanti, S.Pd
Nip. 19850131 201001 2
021
|
1.
INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
1.
Salah satu fungsi sistem rangka adalah melindungi organ internal. Pada tubuh
manusia tulang yang melindungi paru-paru, dan otak secara berturut-turut adalah
tulang ....
a. rusuk dan tulang tengkorak
b. tengkorak dan tulang rusuk
c. belakang dan tulang tengkorak
d. belakang dan
tulang rusuk
2. Berikut ini merupakan fungsi dari sistem
rangka, kecuali
....
a. alat gerak aktif, sehingga
tulang dapat bergerak
b. tempat utama menyimpan kalsium
dan fosfor
c. memberikan bentuk pada tubuh
dan mendukung tubuh
d. melindungi organ internal
3. Tulang dada dilihat dari
bentuknya termasuk tulang…
a.
Pipih
b.
Pipa
c.
Pendek
d.
Tak
beraturan
4.Contoh tulang yang berbentuk
pipa adalah……
a.
Tulang
rusuk
b.
Tulang
dada
c.
Tulang
paha
d. Tulang belakang
5.Antara tulang pengumpil dan
hasta terdapat sendi…..
a. Engsel
b. Geser
c. Kaku
d. Putar
6. Sendi engsel terbentuk
antara…..
a. Tulang hasta dan tulang pengumpil
b. Tulang lengan atas dan tulang
lengan bawah
c. Tulang-tulang pergelangan tangan
dan telapak ibu jari
d. Tulang-tulang pergelangan tangan
Berikut
adalah ciri-ciri otot
1)
berfungsi dalam pergerakan
2)
bekerja di bawah kesadaran kita
3)
memiliki struktur gelap dan terang
7. Otot yang
memiliki ciri tersebut adalah:
a. otot polos
b. otot bisep
c. otot lurik
d. otot jantung
8. Semua organ
di bawah ini bekerja di bawah kendali otot polos, kecuali . . . .
a. usus
b. paru-paru
c. jantung
d. dinding
pembuluh darah
9. Pernyataan
yang menggambarkan otot yang bekerja pada rahang adalah . . .
a. Rahang
digerakkan oleh otot polos.
b. Otot rahang
bekerja secara sadar.
c. Otot rahang
berupa otot lurik yang bekerja secara tidak sadar.
d. Rahang
mempunyai gerakan peristaltik.
10. Gambar
berikut adalah gambar otot…..
a.
Polos
b.
Jantung
c.
Lurik
d.
rangka
Kunci
jawaban pilihan ganda
Soal
1
|
Soal
2
|
Soal
3
|
Soal
4
|
Soal
5
|
Soal
6
|
Soal
7
|
Soal
8
|
Soal
9
|
Soal
10
|
A
|
A
|
A
|
C
|
B
|
B
|
C
|
C
|
B
|
C
|
Penilaian
Skor
1 bila jawaban benar
Skor
mak= 10
Nilai
= X
100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar