Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai
besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di
sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat
ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di
sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
Objek Ilmu Pengetahuan Alam
dan pengamatannya
· Pengukuran
· Besaran Pokok dan turunan
· Satuan baku dan tak baku
|
·
Mengamati
diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang
dapat diamati seperti tinggi
badan, warna rambut, warna kulit
·
Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan
tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran
·
Mengumpulkan
informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa
jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan
tanaman, dan lain-lain.
·
Melakukan
percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan
alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
·
Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan
alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
3.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup dan benda
berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati
|
Klasifikasi
·
Makhluk
hidup dan benda tak hidup
·
Ciri-ciri
makhluk hidup
· Klasifikasi makhluk hidup
· Pengenalan mikroskop
|
· Mengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar,
gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta
pengelompok-kannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan
sekitar
· Mengumpulkan informasi
mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang
diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan
animalia
· Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan
tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman
|
3.3 Memahami konsep campuran dan zat tunggal
(unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam
kehidupan sehari-hari
4.3
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat
larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
|
Zat dan
Karakteristiknya
·
Zat
Padat, Cair, dan Gas
·
Unsur,
Senyawa, dan Campuran
·
Sifat
fisika dan kimia
·
Perubahan
fisika dan kimia
|
· Mengamatiberbagai benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami
perubahan, misalnya air menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas
dibakar menjadi abu, besi berkarat, makanan menjadi basi, dll
· Melakukan penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta
mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
· Melakukan penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan
dan alami
· Melakukan percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui
penyulingan, kromatografi, atau penyubliman
· Menyajikan hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan
sehari-hari danmendiskusi- kannya
dengan teman
|
3.4 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud
benda serta perpindahan kalor
|
Suhu dan Kalor
·
Suhu
·
Alat
pengukur suhu
·
Pemuaian
·
Kalor
·
Perpindahan
kalor
·
Kestabilan
suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengamati peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor
· Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta
menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
· Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan
suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan
radiasi
· Mengumpulkan informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu
tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
· Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan
mendiskusikan-nya dengan teman
|
3.5
Memahami konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
4.5.Menyajikan
hasil percobaan tentang
perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
|
Energi
·
Bentuk-bentuk
energi
·
Sumber
energi
·
Perubahan
bentuk energi
·
Transformasi
energi dalam sel
·
Fotosintesis
·
Respirasi
|
· Mengamati berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang
terkait dengan penggunaan energi dan krisis energi
· Meyelidiki sumber energi dan perubahan bentuk energi serta
mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial
dan energi kinetik melalui percobaan
· Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta
melakukan percobaan fotosintesis dan
mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
· Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi dan percobaan
fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya
dengan teman
|
3.6 Memahami sistem organisasi kehidupan mulai
dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/
hewan
|
Sistem
Organisasi Kehidupan
·
Sel
·
Jaringan
·
Organ
·
Sistem
organ
·
Organisme
|
· Mengamati torso manusia atau organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/kadal
· Mengindetifikasi perbedaan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ
pada hewan dan tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik dan makroskopik
· Membuat model struktur sel hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang
mudah didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya
·
|
3.7
Menganalisis interaksi antara makhluk
hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
Makhluk Hidup
dan Lingkungan
·
Interaksi
antara makhluk hidup dan lingkungan
·
Dinamika
populasi
|
· Mengamati ekosistem buatan berupa akuarium atau kolam ikan, difokuskan
pada komponen biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya
· Melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik
yang ada pada lingkungan sekitar serta interaksi yang terjadi didalamnya
dalam bentuk rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan simbiosis
· Melakukan percobaan pertumbuhan populasi terhadap ketersediaan ruang dan
lahan pertanian serta dampaknya bagi lingkungan
· Membuat laporan hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan
abiotik serta dampak dinamika populasi dan mendiskusi-kannya dengan teman.
|
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi
ekosistem
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya
berdasarkan hasil pengamatan
|
Pencemaran
Lingkungan
·
Pencemaran
udara
·
Pencemaran
air
·
Pencemaran
tanah
·
Dampak
pencemaran bagi ekosistem
|
· Mengamati berbagai pencemaran dilingkungan sekitar
· Mengumpulkan informasi serta menganalisis penyebab dan dampak pencemaran
udara, air, dan tanah bagi ekosistem, merumuskan masalah serta mengajukan penyelesaian masalahnya
· Membuat laporan tentang penyelesaian masalah pencemaran yang terjadi di
lingkungan sekitar
|
3.9 Memahami perubahan
iklim dan
dampaknya bagi ekosistem
4.9
Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/
penanggulangan
masalah perubahan iklim
|
Perubahan Iklim
·
Penyebab
terjadinya perubahan iklim
·
Dampak
perubahan iklimbagi ekosistem
|
· Mengamati tayangan tentang dampak perubahan iklim
· Mengumpulkan informasi mengenai proses dan dampak terjadinya perubahan
iklim bagi ekosistem
· Mengajukan gagasan tentang penanggulangan masalah perubahan iklim dalam
bentuk laporan tertulis, dan mempresentasikan gagasannya untuk ditanggapi
temannya
|
3.10Memahami
lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko
sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya
4.10
Mengomuni-kasikan
upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan
diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di
daerahnya
|
Lapisan Bumi
dan Bencana
·
Lapisan
bumi
·
Gunung
api
·
Gempa
bumi dan tsunami
·
Tindakan
tanggap bencana
|
· Mengamati tayangan atau model lapisan bumi
· Mengumpulkan informasi mengenai lapisan bumi dan mekanisme terjadinya
letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami
· Menyajikan hasil studi literatur tentang penanggulangan resiko dan dampak
bencana alam dalam bentuk presentasi
· Berlatih tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana alam
|
3.11
Memahami sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta
dampaknya bagi kehidupan di bumi
4.11
Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi
kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai
sumber informasi
|
Tata Surya
·
Sistem
tata surya
·
Karakteristik
anggota tata surya
·
Matahari
sebagai bintang
·
Dampak
rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan di bumi
·
Gerhana
bulan dan matahari
·
Terjadinya
pasang surut
|
· Mengamati model sistem tata surya
· Mendiskusikan orbit planet
· Mengidentifikasi karakteristik anggota tata surya serta dampak rotasi dan
revolusi bumi bagi kehidupan
· Mensimulasikan terjadinya siang dan malam, fase-fase bulan dan proses
terjadinya gerhana
· Mengumpulkan informasi mengenai gerhana bulan dan matahari serta
pengaruhnya terhadap pasang surut air laut
· Membuat laporan tertulis tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta
bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman
|
Jumat, 12 Juni 2020
SILABUS K13
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amlapura)
MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amla...
-
Hai.....rekan Belajar Berbudaya, Salam dan Bahagia.....saat kolab ma kelompok di modul 3.2, kita kan mmebuat poster atau mind maping..ini ad...
-
Haiiiiii....Rekan Belajar Berbudaya...( Belajar Bersama Bu Damayanti).... yang Berbahagia. Kali ini saya akan berbagi Tugas Eksplorasi Kon...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar