Jumat, 12 Juni 2020

BAHAN AJAR GERAK PADA TUMBUHAN


BAHAN AJAR
IPA SMP KELAS VIII
BAB I



OLEH:
NI PUTU DAMAYANTI, S.Pd
Nip. 19850131 201001 2 021






SMP NEGERI 1 AMLAPURA
KABUPATEN KARANGASEM
PROVINSI BALI
2019



A. Identitas Mata Pelajaran
Nama Mata Pelajran           : IPA
Topik                                  : Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda
Kelas/ Semester                  : VIII/1
Waktu                                 : 4 x tatap muka (10 jp)

B. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


C. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang  dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan, dan melaporkan hasil percobaan.
2.3
Menunjukkan prilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari.
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.1
Memahami gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak, serta penerapannyapada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :
3.1.1
Menganalisis contoh gerak benda pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
3.1.2
Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya
3.1.3
Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
3.1.4
Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
3.1.5
Menghitung kecepatan seorang anak bersepeda dengan menggunakan rumus gerak lurus beraturan
3.1.6
Menganalisis peristiwa kelembaman berdasarkan gravik v – t yang disajika
3.1.7
Menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak
3.1.8
Menyebutkan pasangan gaya aksi dengan reaksi
3.1.9
Membandingkan besar gaya aksi reaksi yang terjadi antara burung dengan udara ketika burung sedang terbang

3.1.10
Mengevaluasi penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
4.1
Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak

Indikator:

4.1.1
Melakukan penyelidikan pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak daun putri malu
4.1.2
Melakukan pengamatan tentang jenis gerak pada 10 tanaman yang berbeda
4.1.3
Melakukan percobaan gerak lurus pada benda
4.1.4
Melakukan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
4.1.5
Menghitung jarak tempuh hewan yang berlari dengan kecepatan dan waktu tertentu
4.1.6
Menghitung berat benda dengan menggunakan hukum II Newton
4.1.7
Menganalisis penerapan hukum III Newton pada atlet lompat tinggi



D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.      Menganalisis contoh gerak benda pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi rangsang
2.      Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya
3.      Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
4.      Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
5.      Menghitung kecepatan seorang anak bersepeda dengan menggunakan rumus gerak lurus beraturan
6.      Menganalisis peristiwa kelembaman berdasarkan gravik v – t yang disajika
7.      Menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak
8.      Menyebutkan pasangan gaya aksi dengan reaksi
9.      Mengevaluasi penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari

E. Bahan Ajar
GERAK PADA  MAKHLUK HIDUP DAN BENDA
1.         Gerak pada tumbuhan bersifat pasif. Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga  macam  yaitu:
a.       Gerak Endonom adalah gerak yang berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri contohnya: gerak pertumbuhan daun, gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticillata
b.      Gerak Higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata
Contohnya : merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan, membukanya diding sporangium (korak spora) paku-pakuan.
c.       Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
Gerak Esionom  berdasarkan jenis rangsangannya dapat dibedakan menjadi tiga yaitu:
1.      Gerak Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi arah datangnyarangsangan dari luar. Jika arah grerak tumbuhan mendekati rangsangan disebut gerak tropisme positif. Jika arah gerak tumbuhan menjauhi rangsangan disebut gerak tropisme negatif.
Berdasarkan jenis rangsangannya gerak tropisme dibagi menjadi:
a.       Geotropisme atau grafitropisme, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh grafitasi bumi. Contohnya gerak akar kearah grafitasi
b.      Hidrotropisme, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan air contohnya gearak akar kearah air,
c.       Fototropisme,  gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contohnya gerak ujung batang kearah cahaya.
d.      Kemotropisme, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan zat kimia. Contohnya gerak buluh sebuk sari menuju ke sel telur
e.       Tigmotropisme, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan persinggungan. Contohnya gerak ujung batang atau ujung sulur tanaman kearah ajiran.
2.      Gerak Taksis adalah gerak pindah tempat seluruh bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi oleh sumber rangsangan. Yang dilakukan oleh organism bersel satu.
Berdasarkan jenis rangsangannya taksis dapat dibedakan menjadi :
a.       Kemotaksis, gerak spermatozoid menuju sel telur pada archegonium
b.      Fototaksis, gerak kloroplas ke sisi sel yang memperoleh cahaya. Gerak euglena kearah datangnya cahaya.
3.      Gerak Nasti adalah gerak sebagian  tubuh tumbuhan akibat rangsangan dari luar yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.
Berdasarkan jenis rangsangannya gerak nasti dibedakan menjadi:
a.   Niktinasti, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan gelap
Contohnya, menguncupnya daun tumbuhan  leguminosae karena rangsangan gelap.
b.   Fotonasti, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya.
Contohnya, mekarnya bunga pukul empat (Mirabillis jalapa) pada sore hari.
c.   Seismonasti, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan
sentuhan.
Contohnya, gerak mengatupnya daun putri malu (Mimosa pudica) karena di sentuh
d.  Termonasti, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan suhu
Contohnya,  mekarnya bunga tulip oleh suhu yaitu dari musim dingin ke musim semi.
e.   Nasti Kompleks, gerak tumbuhan yang dipengaruhi lebih dari satu rangsangan.
f.    Contohnya, gerak membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh kadar air, cahaya, suhu dan zat kimia.

Pertemuan 2
Gerak pada Hewan
Hewan bergerak dengan cara berlari, berjalan, berenang, merayap, terbang, dan lain sebagainya tergantung pada struktur tubuhnya dan habitatnya. Kecepatan gerak pada hewan tergantung pada kekuatan otot-otot alat geraknya, struktur tulang  dan bentuk alat geraknya.

Pertemuan 3
Gerak Lurus pada Benda
     Benda dan makhluk  hidup yang bergerak mengikuti hukum Newton tentang gerak.Benda bergerak disebabkan oleh gaya. Setiap benda bergerak pastilah memiliki lintasan tertentu yang bentuknya dapat berupa garis lurus, lingkaran, atau parabola. Lintasan yang ditempuh benda selama bergerak disebut dengan jarak. Selama bergerak dalam lintasannya benda dikatakan mengalami perpindahan yaitu jumlah lintasan yang ditempuh dengan memperhitungkan posisi awal dan akhir benda. Dan untuk menempuh lintasan tertentu, benda memerlukan sejumlah waktu sehingga benda dikatakan memiliki kecepatan/kelajuan. Kecepatan.kelajuan  merupakan perbandingan antara jarak tempuh dengan waktu tempuh. Untuk mempengaruhi gerak benda maka kepada benda bisa diberikan gaya.
     Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh (misalnya; gaya otot dan gaya gesek). Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. Gaya gesek adalah gaya yang ditimlkan akibat adanya dua buah benda yang saling bergesekan. Gaya gesek selalu berlawanan dengan arah gaya.
Gaya tak sentuh (misalnya; gaya magnet, gaya gravitasi bumi). Gaya magnet merupakan gaya yang timbul akibat adanya medan magnet

Pertemuan 4
Hukum I Newton
Hukum pertama Newton menyatakan bahwa benda akan cebdreung diam atau bergerak lurus beraturan bila resulta gaya yang bekerja sama dengan nol
(∑ F = 0)

Hukum II Newton
Percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya atau  a =  . Pernyataan ini dikenal sebagai hukum II  Newton.
Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan fakta bahwa pada saat memindahkan balok akan lebih cepat jika gaya yang diberikan lebih besar. Hal ini dikarenakan gaya berbanding lurus dengan percepatan. Jadi, dengan gaya yang besar maka akan didapatkan percepatan yang lebih besar juga.
Contoh lainnya seperti saat kita memindahkan meja yang ringan akan lebih cepat daripada memindahkan almari yang berat jika kita menggunakan gaya dorong yang sama. Hal ini disebabkan massa meja lebih kecil daripada massa almari dan karena massa berbanding terbalik dengan percepatan benda. Semakin kecil massa benda, semakin besar percepatannya. Jadi, memindahkan meja yang ringan akan lebih cepat daripada memindahkan almari yang massanya lebih besar.
Seekor banteng jantang mendorong anak kijang dengan kekuatan penuh hingga terpental jauh, juga merupakan contoh penerapan hukum II Newton dengan alasan bahwa gaya yang kuat   dari banteng jantan mampu menggerakan anak kijang sehingga memiliki percepatan tertentu.







LEMBAR KERJA SISWA (LKS ) 01
MACAM MACAM GERAK PADA TUMBUHAN
PETUNJUK KERJA
1.      Diskusikanlah pertanyan berikut dengan teman di kelompokmu
2.      Lalu jawablah di lembar kerja siswa yang telah disiapkan oleh guru

Pertanyaan :
1.      Sebutklah beberapa gerak pada tumbuhan, serta jelaskan dengan singkat!
2.      Apakah yang dimaksud dengan Tropisme, Nasti dan Taksis.
3.      Sebut dan jelaskanlah beberapa macam gerak Tropisme, Nasti dan Taksis.
4.      Buatlah laporan hasil diskusi kalian pada selemnbar kertas
5.      Presentasikan hasil kerjamu di depan kelas.

TUGAS TERSTRUKTUR  BERKELOMPOK
Pengaruh Rangsangan terhadap Gerak Menutup dan Mambukanya
 Daun Putri Malu


1). Tujuan
      Melakukan percobaan pengaruh rangsang terhadap gerak daun putri malu

2). Alat dan Bahan :
  1. Tumbuhan putri malu hidup
  2. Es dibungkus plastic
  3. Korek api atau lilin yang dinyalakan
  4. Stopwatch


3). Langkah Kerja :
  1. Memberi perlakuan pada putri malu sebagai berikut:
a.       Menyentuh menggunakan ujung jari tangan pada bagian atas permukaan daun
b.      Menyentuh menggunakan ujung jari tangan pada tangkai daun
c.       Memberi suhu dingin dengan cara di bagian bawah permukaan daun diletakkan sebangkah es batu
d.      Memberi suhu panas di bagian bawah permukaan daun dengan menyalakan korek napi atau lilin yang menyala. Berhati-hatilah saat menggunakan korek api
  1. Mengamati gerak  daun dan batang  putri malu
  2. Mencatat kecepatan respon tumbuhan terhadap rangsang menggunakan stopwatch
  3. Mengulangi langkah 1-3 sebanyak tiga kali
  4. Mencatat data padea table berikut

Tabel  pengamatan tumbuhan putri malu
PERLAKUAN
WAKTU (MENIT)
1
2
3
Menutup
Menutup
Menutup
Disentuh pada permukaan daun



Disentuh pada tangkai daun



Diberi suhu dingin pada permukaan bawah daun



Diberi suhu panas pada permukaan bawah daun





Diskusikan dan Simpulkanlah :
  1. Bagaimana tanggapan tumbuhan ketika diberi rangsang sentuhan pada bagian atas permukaan daun?
  2. Bagaimana tanggapan tumbuhan ketika diberi rangsang sentuhan pada tangkai daun?
  3. Bagaimana tanggapan tumbuhan ketika diberi rangsang dingin?
  4. Bagaiman tanggapan tumbuhan ketika diberi rangsangan panas?
  5. Bagian mana dari tumbuahan yang paling sensitive terhadap rangsang sentuhan?
  6. Apakah kecepatan responnya berbeda dengan rangsang yang berbeda?
  7. Apa yang dapat kamu simpulkan berdasarkan kegiatan di atas?



LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) 02
GERAK PADA TUMBUAHAN



Amatilah tanaman yang ada disekitarmu!
Temukan 10 (sepuluh) tanaman yang berbeda, kemudian identifikasi jenis gerak yang dilakukan tanaman  tersebut!
Catat hasil pengamatan pada table di bawah ini!

NO
NAMA TANAMAN
JENIS GERAKAN YANG DILAKUKAN
BUKTI YANG MENDUKUNG
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10








Pertanyaan
1.   Jenis gerak apa saja yang terdapat pada tumbuhan?
2.   Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan?

Kesimpulan
Buatlah kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan!

…………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………
Pertemuan II
Teknik dan Bentuk Penilaian
Teknik
Bentuk
Tes Lisan
Daftar pertanyan
Penilaian diri (Sikap)
Lembar Pengamatan Sikap



2. Instrumen
1) Tes / pertanyaan lisan

No IPK
IPK
Pertanyaan
Kunci
3.1.3








3.1.4
 Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
 

Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan

1. Bagaimana struktur tubuh hewan air sehingga dapat bergerak cepat di air?





2. Bagaimanakah system otot pada hewan darat yang menggunakan kaki untuk bergerak
Bentuk stramline/ torpedo dan sirif seperti dayung





system otot lurik yang kuat dengan perekatan yang kuat pada tulang-tulang kaki

2) LEMBAR PENILAIAN SIKAP (PENILAIAN DIRI PADA PELAJARAN)

                                                                                    Nama Siswa : …………….
                                                                                    Nomor urut  :……………..
                                                                                    Kelas            :…………….
Petunjuk:
Isilah tanda X pada kolom skor dari tabel pertanyaan berikut yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya!
No
Pernyataan
skor
1
2
3
4
1.
Saya merasa senang  belajar materi gerak pada hewan




2.
Saya sudah memahami dengan baik bahwa konsep alat gerak pada hewan menyesuaikan  pada habitat




3.
Saya sudah memahami dan baik bahwa otot rangka dan struktur tulangnya sangat berperan dalam pergerakan hewan




4.
Saya telah memberi perhatian yang serius selama pembelajaran berlangsung




Skor maksimal = 16
Keterangan nilai sikap:
1 = kurang  setuju                   3 = setuju
2 = cukup setuju                      4 = sangat setuju        

Nilai = skor yang diperoleh  x 100
            Skor maksimal

3) LEMBAR PENILAIAN KEGIATAN DISKUSI

Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester           : VIII/1
Topik/ Sub topic          : Gerak/ Gerak pada Hewan
Indikator                     :
3.1.3  Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
3.1.4  Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
No
Nama Siswa
Kerja Sama
Santun
Toleran
Disiplin
Responsif
Jumlah Skor
1







2







3







Tiap kotak diisi dengan skor 1-4
Rubrik:
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3, jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan

Nilai = jumlah skor  x 100
               20            
Predikat Nilai:
Predikat: sangat baik  ( AB )  untuk nilai 80 ≤ AB ≤ 100
Predikat: baik (B)        untuk nilai 70 ≤  B ≤ 79
Predikat: cukup (C)     untuk nilai 60 ≤ C ≤ 69
Predikat: kurang (D)   untuk nilai  ≤ 70



Lembar Kerja Peserta didik (LKS 03)
Non Eksperimental

KD 3.1: Memahami gerak lurus, dan pngaruh gaya  terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya dalam gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.1.3  Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
3.1.4  Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan

I. Tujuan Percobaan:  Mengidentifikasi  struktur alat gerak, dalam kaitannya dengan kecepatan gerak
II. Alat/ Bahan
  1. Gambar/ tayangan video macam-macam hewan

III. Cara Kerja
  1. Amatilah gambar berikut!
  2. Lengkapilah tabel hasil pengamatan berikut  sesuai dengan apa yang di lihat!

IV. Data/ Tabel hasil pengamatan

Gambar
Nama Binatang
Alat gerak
Kecepatan gerak
(km/jam)
Habitat
(darat/air/udara)
macan



100

zebra



76

ikan barakuda



40

Burung  merpati



70

rusa


97

siput



0,005

sapi



25


hiu



35


Diskusikan:
1. Samakah alat gerak hewan air , dan hewan darat? Jelaskan!
2. Hewan darat  apakah yang memiliki kecepatan gerak paling cepat?
3. Mengapa hewan-hewan tersebut memiliki kecepatan yan berbeda?
4. Mengapa burung merpati dapat terbang dengan mudah di udara?
5. Adakah hubungan bentuk,  struktur , dan system otot dengan kecepatan bergerak hewan?   
6. Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu!

Soal  untuk pertemuan terakhir
IPK 3.1.3 Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
 1.   Seekor makhluk memiliki tubuh seperti torpedo,alat geraknya berbentuk seperti dayung. Hewan yang memiliki ciri-ciri seperti pernyataan di atas sangat cocok hidup di  habitat….
        a. air .
        b. darat
        c. bakau
        d. pohon

IPK 3.1.4 Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
            Harimau merupakan hewan yang memiliki pergerakan yang sangat cepa dan lincah. Hal ini dapat dilakukannya karena adanya….
                                    a. otot polos yang kuat, elasis dan rangka yang kuat
                                    b. otot rangka yang kua, elastic dengan rangka yang ringan
                                    c. otot polos lentur dan tulang yang kuat
                                    d. otot rangka yang kuat , kaku dengan rangka yang kuat

Pertemuan III

1.        Jenis/tekhnik penilaian
: tes tertulis, pengamatan sikap, dan keterampilan
2.        Bentuk instrumen dan instrumen
: lembar tertulis berbentuk essay, format penilaian sikap, dan format penilaian keterampilan


Contoh instrumen penilaian:
Pertemuan III

Tes essay :
Jawablah soal di bawah ini dengan tepat!
1.      Seorang anak mengendarai sepeda dengan waktu dan jarak tempuh seperti pada tabel berikut.
waktu (detik)
Jarak (meter)
Jawaban
Skor
0
0


1
3


2
6
v = 6/2 = 3m/s
1
3
9


4
12
v = 12/4 = 3 m/s
1
5
15
v = 15/5 = 3 m/s
1
Bedasarkan tabel di atas hitunglah :
a.       Kelajuan sepeda pada detik ke 2
b.      Kelajuan sepeda pada detik ke 4
c.       Kelajuan sepeda pada detik ke 5
2.      Berikut disajikan grafik hubungan antara kecepatan dengan waktu!

Berdasarkan grafik di atas :
a.       Bagaimanakah hubungan antara jarak dan waktu?
Jawaban : Grafik antara jarak dan waktu menunjukkan hubungan yang linier. Sehingga waktu berbanding lurus dengan jarak tempuh
Skor : 3
b.      Bagaimanakah hubungan antara kecepatan sepeda motor dengan waktu?
Jawaban : Pada GLB kecepatan bernilai konstan terhadap waktu
Skor : 3
           
3.      Pada hari Minggu Rudi diajak ayahnya untuk berkeliling kota Denpasar naik delman. Delman dipacu dengan kecepatan 3 m/s oleh pak kusir selama 1,5 jam. Berapakah jarak yang ditempuh oleh rombongan Rudi untuk mengelilingi Kota Denpasar?
Jawaban :
Diketahui
           V = 3 m/s
           T = 45 menit
              =  45 x 60 = 2.700 detik
Ditanya
           S =...............?--------------------> skor : 2
Penyelesaian
           v = s/t
           s = v x t          ------------------>  skor : 3
           s = 3 m/s x 2.700 detik
           s = 8.100 m     -------------------> skor : 4
             = 8,1 Km
Skor : 4           
Lembar Observasi Sikap
Nama Peserta Didik
:
Kelas
:
Tanggal Pengamatan
:
Materi Pokok
:

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat




4
Mengungkapkan kegaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat Kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan





Jumlah Skor




Kriteria penskoran:
4 : selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 : sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan, dan kadang-kadang tidak
     melakukan
2 : kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 : tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
                               skor
Skor akhir = ---------------------- x 4
                          Skor tertinggi

Kualifikasi :
Sangat baik     : apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup             : apabila memperoleh skor 2,40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang                        : apabila memperoleh skor kurang 2,40 (kurang dari 60%)


Lembar Penilaian Kinerja Melakukan Praktikum
NO
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1
Merangkai Alat



2
Pengamatan



3
Data yang diperoleh



4
Kesimpulan






Rubrik Penilaian
NO
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1
Merangkai Alat
Rangkaian alat tidak benar
Rangkaian alat benar, tetapi tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatan kerja
Rangkaian alat benar, rapi dan memperhatikan keselamatan kerja
2
Pengamatan
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat tetapi mengandung interpretasi
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi
3
Data yang diperoleh
Data tidak lengkap
data lengkap, tetapi tidak terorganisir,atau ada yang salah tulis
data lengkap, terorganisir,ditulis dengan benar
4
Kesimpulan
Tidak benar atau tidak sesuai dengan tujuan
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidak sesuai dengan tujuan
Semua benar sesuai dengan tujuan





Pertemuan ke IV

Tes Uraian :
Jawablah soal di bawah ini dengan tepat!
1.     Pada saat Amin diantar naik mobil oleh ayahnya menuju ke sekolah, ada dua hal yang dirasakan oleh Amin yaitu: ketika mereka mulai berangkat, Amin merasakan badannya terdorong ke belakang dan ketika mereka sampai disekolah, mobil direm, Amin merasakan badannya terdorong ke depan. Jawablah pertanyaan berikut:
a.       Hukum apakah yang dapat menjelaskan hal tersebut
b.      Sebutkan bunyi hukum tersebut
c.       Mengapa Amin merasa badannya terdorong ke belakang ketika mereka mulai berangkat
d.      Mengapa Amin merasa badannya  terdorong ke depan ketika mobil direm
e.       Jelaskan fungsi teknologi sabuk pengaman dikaitkan dengan Hukum I Newton

Rubrik Penilaian Tes Uraian
No
Uraian
Skor
a
Jika terjawab dengan benar
1
b
Jika terjawab dengan benar
2
c
Jika jawaban benar dan alas an tepat
2
d
Jika jawaban benar dan alasan tepat
2
e
Jika jawaban benar dan lengkap alasan tepat
3
Total
10


Lembar Kegiatan Siswa
(04)
A. Judul : Percobaan Gerak Lurus
B. Tujuan :
  1. Menjelaskan prinsip kerja perangkat percobaan Ticker timer
  2. Menjelaskan hubungan jarak tempu dengan waktu yang teramati pada percobaan

C. Metode : EKsperimen
D. Alat dan Bahan
Alat:                                              Bahan
  1. Mobil mainan                          Pita kertas
b.    Mistar
c.     Ticker timer

E. Prosedur Percobaan
1. Rangkailah percobaan seperti pada gambar di bawah ini!


  1. Operasikalah ticker timer!
  2. Hidupkanlah mesin mobil mainan kemudian melepaskannya hingga menarik pita!
  3. Ukurlah jarak antar titik yang terbentuk pada pita kertas!
  4. Catatlah data pengamatan pada tabel.
Tabel hasil percobaan
Pita Kertas
Panjang
1
.....
2
.....
3
.....
4
.....
5
.....

E. Pertanyaan
1. Dalam praktikum yang kamu lakukan, bagaimana prinsip kerja rangkaian percobaan?
2. Buatlah grafik hubungan antara jarak (sebagai sumbu –y) dengan waktu sebagai sumbu –x).
3. Buatlah grafik hubungan antara kecepatan (sebagai sumbu –y) dengan waktu sebagai sumbu –x).
4. Berdasarkan grafik yang telah kamu buat,
     a. Bagaimanakah bentuk hubungan antara jarak dan waktu?
     b. Bagaimanakah hhubungan antara gerak mobil dengan waktu?

Apa yang dapat kamu simpulkan?
 













Lembar Kegiatan Siswa
(05)
A. Judul : Hukum I Newton (hukum kelembaman suatu benda)
B. Tujuan :
  1. Membuktikan sifat kelembaman suatu benda

C. Metode : Eksperimen
D. Alat dan Bahan
1. Kertas HVS 1 lembar
2. Gelas 1 buah

E. Prosedur Percobaan
1)      Siswa meletakan selembar kertas diatas meja kemudian meletakkan gelas diatas kertas tersebut.
2)      Tarik kertas secara horizontal dengan perlahan. Amatai apa yan terjadi . ulangi percobaan tersebut samapai 3 kali.
3)      Tarik kertas secara horizontal dengan sekali hentakan. Amati apa yang terjadi dan ulangi samapai 3 kali

Setelah melakukan eksperimen  kerjakan pertanyaan-pertanyaan berikut
1.      Bagaimanakah keadaan gelas pada saat kertas ditarik secara perlahan-lahan?
2.      Bagaimanakah keadaan gelas pada saat gelas ditarik secara cepat
3.      Samakah hasil antara keadaan gelas, jika kertas ditarik dengan perlahan-lahan atau ditarik cepat
4.      Jika berbeda, apakah yang mengakibatkan hal tersebut?

Jawaban

...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 


























Berdasarkan hasil percobaan, buatlah kesimpulanmu!
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 














            Percobaan Huum Newton II
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Kode
Instrumen/ Soal
1.   Menghitung berat benda dengan menggunakan persamaan hukum II Newton

Tes tulis

Uraian
LP 1

2.   Menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
LP 2

*Sikap Ilmiah Siswa
Observasi
Lembar observasi sikap
LP 3



LP1
1.      Penilaian Aspek Pengetahuan
Soal uraian :
1.      Seorang siswa merangkai kereta, katrol, tali, dan beban (100 g) seperti gambar.
Bila diketahui massa kereta 100 g, berapakah berat beban yang harus digantung agar diperoleh percepatan kereta  4  m/s2 ? (skor 25)
2.      Seorang siswa merangkai kereta, katrol, tali, dan beban (100 g) seperti gambar.

Bila diketahui berat beban yang digantung  1,5 N dan massa kereta 100 g, berapakah percepatan yang dialami oleh kereta ? (skor 25)
3.      Seorang anak menarik balok dengan percepatan 2 m/s2. Bila resultan gaya yang bekerja pada balok 20 N, berapakah massa balok tersebut? (skor 25)
4.      Seorang pemain sepatu roda yang massanya 70 kg meluncur dengan percepatan 2 m/s2. Hitunglah resulan gaya yang bekerja!(skor 25)
Kunci jawaban :
1.      Diketahui : massa kereta, m1 = 100 g = 0,1 kg
 massa beban yang digantung 1 buah, m2 = 1 x 100 g = 100 g = 0,1 kg
       percepatan benda, a = 4 m/s2
                  ……………………………………………………               Skor  3
Ditanya :    berat beban yang digantung, F = ….. N               ………..   Skor 2
Jawaban :
Rumus :           F = m x a                                        ………..   Skor 4
Massa total, m = m1 + m2 = 0,1 kg + 0,1 kg = 0,2 kg    …..   Skor 4
F = 0,2 kg x 4 m/s2
   = 0,8 N                                                                
   …………………………………………..…….                  Skor 10
Jadi berat beban yang digantung adalah 0,8 Newton. ……….                Skor 2
Skor total : 25
2.      Diketahui : massa kereta, m1 = 100 g = 0,1 kg
 Berat beban yang digantung, F =  1,5 N
Massa beban yang digantung 2 buah, m2 = 2 x 100 g = 200 g = 0,2 kg
…………………………………………………                    Skor 3
Ditanya : Percepatan benda, a = ….  m/s2    ………………….               Skor 2
Jawaban :
Rumus :   a =                            …………………………….                Skor 4
    Massa total, m = m1 + m2 = 0,1 kg + 0,2 kg = 0,3 kg              Skor 4
a =
a = 5 m/s2
……………………………………………………                Skor 10
Jadi percepatan yang dialami kereta adalah 5 m/s2 .  ………..                 Skor 2
Skor total : 25
3.      Diketahui : Resultan gaya, F = 20 N
 Percepatan,  a = 2 m/s2
                        ………………………………………………..          Skor 2
Ditanya : massa balok = ….. kg            ………………….           Skor 2
Jawaban :
Rumus :      m =                         ……………………….           Skor 4
                   m =
     = 10 kg
………………………………………………            Skor 15
Jadi massa balok adalah 10 kilogram.       ………………            Skor 2
Skor total : 25
4.      Diketahui : massa, m = 70 kg
 percepatan,  a = 2 m/s2
…………………………………………….               Skor 2
Ditanya : resultan gaya, F = ….. N           ……………                Skor 2
Jawaban :
Rumus : F = m x a                         ……………………                Skor 4
= 70 kg x 2 m/s2
            = 140 N
……………………………………………                Skor 15
Jadi resultan gaya yang bekerja adalah 140 Newton.       ……    Skor 2
Skor total : 25
Pedoman penskoran :
Skor Maksimal : 100
Nilai maksimal : 100

Kriteria penilaian
Nilai =  x 100 =  x 100






LP2
TES UNJUK KERJA

No.
Nama
Aspek penilaian
Total Skor
1
2
3
4
5
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







dst.







Keterangan:
  1. Menyiapkan alat dan bahan
  2. Melakukan percobaan
  3. Mendeskripsikan pengamatan
  4. Menafsirkan hasil pengamatan
  5. Mempresentasikan hasil pratikum

Rubrik penilaian
No
Aspek penilaian
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan

3   Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
2   Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan
1   Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
2
Melakukan percobaan

 3   Melakukan percobaan dengan prosedur  yang benar
 2   Melakukan percobaan dengan prosedur yang kurang benar
 1  Tidak mampu melakukan percobaan dengan benar

3
Mendeskripsikan pengamatan

3   Menulis hasil pengamatan benar dan  lengkap
2   Menulis hasil pengamatan benar tapi kurang lengkap
1   Tidak menulis hasil pengamatan, atau menulis namun kurang lengkap dan tidak benar


4
Menafsirkan hasil pengamatan
3   Mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan dengan benar
2   Mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan tetapi kurang benar
1   Tidak mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan dengan benar

5
Mempresentasikan hasil percobaan

3      Mampu mempresentasikan hasil percobaan dengan benar, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri
2      Mampu mempresentasikan hasil percobaan dengan benar, bahasa mudah dimengerti, tetapi disampaikan kurang percaya diri
1      Mampu mempresentasikan hasil percobaan dengan kurang benar, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri




LP3
Pengamatan  sikap :
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja  baik secara individu maupun berkelompok




4
Ketrampilan berkomunikasi pada saat belajar











Rubrik penilaian sikap  ;
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3        menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2          menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.
1          tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walau telah didorong untuk terlibat
2
Ketelitian dan hati-hati
3     mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2          mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1          mengamati hasil tidak percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
3          tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2          berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan  tugas, namun belum menunjukkan  upaya terbaiknya
1          tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
4
Berkomunikasi
3          aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2          aktif dalam tanya jawab, tidak  ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1          aktif dalam tanya jawab, tidak  ikut mengemukakan gagasan atau ide,  tidak menghargai pendapat siswa lain


LEMBAR KEGIATAN SISWA
(06)

Percobaan Hukum Newton II

Tujuan : untuk mengetahui hubungan gaya yang dikerjakan pada benda dengan percepatan benda.

Alat dan Bahan
Beban 100 g 2 buah
Katrol 1 buah
Kereta 1 buah
Tali 
Langkah kerja
1.      Rangkailah kereta, katrol,tali, dan beban  (100 g) seperti gambar di bawah!
Amatilah percepatan gerak kereta!

2.      Tambahkan beban ( 2 x 100 g ) pada rankaian percobaan seperti pada rangkaian percobaan seperti pada gambar di bawah!

Amatilah percepatan gerak kereta!

3.      Tambahkan beban  (100 g ) pada kereta dan mengurangi beban (100 g )yang menggantung seperti pada gambar di bawah!
Amatilah percepatan gerak kereta!

Data Hasil Percobaan

No
F = berat beban yang digantung (N)
m = massa kereta + massa beban (kg)
a = percepatan kereta












 Keterangan: untuk menuliskan data percepatan 1) tercepat, 2) cepat, dan 3) kurang cepat.

Jawablah pertayaan di bawah ini!
  1. apa yang mempengaruhi perbedaan besar percepatan kereta pada percobaan 1 dan 2?
  2. Bagaimana hubungan antara gaya (berat beban yang digantung) dengan percepatan kereta berdasarkan percobaan 1 da 2?
  3. Apa yang mempengaruhi perbedaan besar percepatan kereta pada percobaan 1 dan 3?
  4. Bagaimana hubungan antara massa total (massa kereta + massa beban) dengan percepatan kereta berdasarkan percobaaan 1 dan 3?
  5. Seorang pemain sepatu roda yang massanya 50 kg meluncur dengan percepatan 4 m/s2 pada saat resultan gayanya 200 N. Bagaimanakah gerakan pemain sepatu roda jika mengalami perubahan kecepatan seperti dalam tabel?
Lengkapi table berikut!
Gaya (N)
Massa (kg)
Percepatan (m/s2)
200
50
4
100
50
….
100
25
….
….
25
2
200
….
5

  1. Balok  A dan B dihubungkan dengan menggunakan tali dan katrol seperti pada gambar di bawah ini.
Apabila massa balok A sama dengan massa balok B (MA = MB = m), tentukan jawaban yang benar dari masing-masing pertayaan di bawah ini! (lingkari jawaban yang benar).
a.       Massa sistem (A + B) adalah [m]  [2m]
b.      Gaya yang bekerja pada sistem adalah berat balok
c.       Berat balok B adalah [  ] [mg]  [2mg]
d.      Besar percepatan sistem adalah
[kurang dari g] [g] [lebih besar dari g]
            Ingat g adalah percepatan gravitasi bumi yang besarnya 10 m/s2
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang hubungan antara gaya, massa, dan percepatan benda?








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amlapura)

                             MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA  ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amla...