BAHAN
AJAR
IPA SMP
KELAS VIII
BAB I
OLEH:
NI
PUTU DAMAYANTI, S.Pd
Nip.
19850131 201001 2 021
SMP NEGERI 1
AMLAPURA
KABUPATEN KARANGASEM
PROVINSI BALI
2019
A. Identitas Mata Pelajaran
Nama Mata Pelajran :
IPA
Topik :
Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda
Kelas/ Semester :
VIII/1
Waktu :
4 x tatap muka (10 jp)
B. Kompetensi Inti
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3.
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
4.
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
|
C. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
||
2.1
|
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
|
||
2.2
|
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan, dan melaporkan hasil percobaan.
|
||
2.3
|
Menunjukkan
prilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari.
|
||
2.4
|
Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
|
||
3.1
|
Memahami gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak,
serta penerapannyapada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
|
Indikator
:
|
||
3.1.1
|
Menganalisis contoh gerak
benda pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi
rangsang
|
||
3.1.2
|
Menjelaskan jenis gerak
pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya
|
||
3.1.3
|
Menganalisis alat gerak hewan
berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
|
||
3.1.4
|
Menjelaskan sistem otot
hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
|
||
3.1.5
|
Menghitung kecepatan seorang
anak bersepeda dengan menggunakan rumus gerak lurus beraturan
|
||
3.1.6
|
Menganalisis peristiwa
kelembaman berdasarkan gravik v – t yang disajika
|
||
3.1.7
|
Menyimpulkan hubungan antara
gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak
|
||
3.1.8
|
Menyebutkan pasangan gaya
aksi dengan reaksi
|
||
3.1.9
|
Membandingkan besar gaya
aksi reaksi yang terjadi antara burung dengan udara ketika burung sedang
terbang
|
||
|
3.1.10
|
Mengevaluasi penerapan hukum
III Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
|
4.1
|
Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada
makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
|
||
|
Indikator:
|
||
|
4.1.1
|
Melakukan penyelidikan pengaruh berbagai rangsang
terhadap gerak daun putri malu
|
|
4.1.2
|
Melakukan pengamatan tentang jenis gerak pada 10
tanaman yang berbeda
|
||
4.1.3
|
Melakukan percobaan gerak lurus pada benda
|
||
4.1.4
|
Melakukan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap
gerak
|
||
4.1.5
|
Menghitung jarak tempuh hewan yang berlari dengan
kecepatan dan waktu tertentu
|
||
4.1.6
|
Menghitung berat benda dengan menggunakan hukum II
Newton
|
||
4.1.7
|
Menganalisis penerapan hukum III Newton pada atlet
lompat tinggi
|
||
|
|
|
|
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menganalisis contoh gerak
benda pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang diterima atau bagian tumbuhan yang menanggapi
rangsang
|
2.
Menjelaskan jenis gerak
pada tumbuhan berdasarkan penyebabnya
|
3.
Menganalisis alat gerak
hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
|
4.
Menjelaskan sistem otot
hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
|
5.
Menghitung kecepatan seorang
anak bersepeda dengan menggunakan rumus gerak lurus beraturan
|
6.
Menganalisis peristiwa
kelembaman berdasarkan gravik v – t yang disajika
|
7.
Menyimpulkan hubungan antara
gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak
|
8.
Menyebutkan pasangan gaya
aksi dengan reaksi
|
9.
Mengevaluasi penerapan hukum
III Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
E. Bahan Ajar
GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN BENDA
1.
Gerak pada tumbuhan
bersifat pasif. Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga macam
yaitu:
a.
Gerak Endonom adalah gerak
yang berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri contohnya: gerak pertumbuhan daun,
gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticillata
b.
Gerak Higroskopis adalah
gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel
sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata
Contohnya : merekahnya
kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan, membukanya
diding sporangium (korak spora) paku-pakuan.
c.
Gerak Esionom adalah gerak
tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
Gerak Esionom berdasarkan jenis rangsangannya dapat
dibedakan menjadi tiga yaitu:
1.
Gerak Tropisme adalah gerak
tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi arah datangnyarangsangan dari luar.
Jika arah grerak tumbuhan mendekati rangsangan disebut gerak tropisme positif.
Jika arah gerak tumbuhan menjauhi rangsangan disebut gerak tropisme negatif.
Berdasarkan jenis
rangsangannya gerak tropisme dibagi menjadi:
a.
Geotropisme atau
grafitropisme, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh grafitasi bumi. Contohnya
gerak akar kearah grafitasi
b.
Hidrotropisme, gerak
tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan air contohnya gearak akar kearah air,
c.
Fototropisme, gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh
rangsangan cahaya. Contohnya gerak ujung batang kearah cahaya.
d.
Kemotropisme, gerak
tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan zat kimia. Contohnya gerak buluh
sebuk sari menuju ke sel telur
e.
Tigmotropisme, gerak
tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan persinggungan. Contohnya gerak ujung
batang atau ujung sulur tanaman kearah ajiran.
2.
Gerak Taksis adalah gerak
pindah tempat seluruh bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi oleh sumber
rangsangan. Yang dilakukan oleh organism bersel satu.
Berdasarkan jenis
rangsangannya taksis dapat dibedakan menjadi :
a.
Kemotaksis, gerak
spermatozoid menuju sel telur pada archegonium
b.
Fototaksis, gerak kloroplas
ke sisi sel yang memperoleh cahaya. Gerak euglena kearah datangnya cahaya.
3.
Gerak Nasti adalah gerak
sebagian tubuh tumbuhan akibat
rangsangan dari luar yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.
Berdasarkan jenis
rangsangannya gerak nasti dibedakan menjadi:
a.
Niktinasti, gerak tumbuhan
yang dipengaruhi oleh rangsangan gelap
Contohnya, menguncupnya
daun tumbuhan leguminosae karena
rangsangan gelap.
b.
Fotonasti, gerak tumbuhan
yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya.
Contohnya, mekarnya bunga
pukul empat (Mirabillis jalapa) pada sore hari.
c.
Seismonasti, gerak tumbuhan
yang dipengaruhi oleh rangsangan
sentuhan.
Contohnya, gerak
mengatupnya daun putri malu (Mimosa pudica) karena di sentuh
d.
Termonasti, gerak tumbuhan
yang dipengaruhi oleh rangsangan suhu
Contohnya, mekarnya bunga tulip oleh suhu yaitu dari
musim dingin ke musim semi.
e.
Nasti Kompleks, gerak
tumbuhan yang dipengaruhi lebih dari satu rangsangan.
f.
Contohnya, gerak membuka
dan menutupnya stomata karena pengaruh kadar air, cahaya, suhu dan zat kimia.
Pertemuan 2
Gerak pada Hewan
Hewan
bergerak dengan cara berlari, berjalan, berenang, merayap, terbang, dan lain
sebagainya tergantung pada struktur tubuhnya dan habitatnya. Kecepatan gerak
pada hewan tergantung pada kekuatan otot-otot alat geraknya, struktur tulang dan bentuk alat geraknya.
Pertemuan 3
Gerak Lurus pada Benda
Benda
dan makhluk hidup yang bergerak
mengikuti hukum Newton tentang gerak.Benda bergerak disebabkan oleh gaya.
Setiap benda bergerak pastilah memiliki lintasan tertentu yang bentuknya dapat
berupa garis lurus, lingkaran, atau parabola. Lintasan yang ditempuh benda
selama bergerak disebut dengan jarak. Selama bergerak dalam lintasannya benda
dikatakan mengalami perpindahan yaitu jumlah lintasan yang ditempuh dengan
memperhitungkan posisi awal dan akhir benda. Dan untuk menempuh lintasan
tertentu, benda memerlukan sejumlah waktu sehingga benda dikatakan memiliki
kecepatan/kelajuan. Kecepatan.kelajuan
merupakan perbandingan antara jarak tempuh dengan waktu tempuh. Untuk
mempengaruhi gerak benda maka kepada benda bisa diberikan gaya.
Gaya
dapat dibedakan menjadi gaya sentuh (misalnya; gaya otot dan gaya gesek). Gaya
otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh.
Gaya gesek adalah gaya yang ditimlkan akibat adanya dua buah benda yang saling
bergesekan. Gaya gesek selalu berlawanan dengan arah gaya.
Gaya tak sentuh (misalnya;
gaya magnet, gaya gravitasi bumi). Gaya magnet merupakan gaya yang timbul
akibat adanya medan magnet
Pertemuan 4
Hukum I Newton
Hukum pertama Newton menyatakan bahwa benda akan cebdreung diam atau
bergerak lurus beraturan bila resulta gaya yang bekerja sama dengan nol
(∑ F = 0)
Hukum II
Newton
Percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus
dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya atau a =
. Pernyataan ini dikenal sebagai hukum II Newton.
Di dalam
kehidupan sehari-hari kita sering menemukan fakta bahwa pada saat memindahkan
balok akan lebih cepat jika gaya yang diberikan lebih besar. Hal ini
dikarenakan gaya berbanding lurus dengan percepatan. Jadi, dengan gaya yang
besar maka akan didapatkan percepatan yang lebih besar juga.
Contoh
lainnya seperti saat kita memindahkan meja yang ringan akan lebih cepat
daripada memindahkan almari yang berat jika kita menggunakan gaya dorong yang
sama. Hal ini disebabkan massa meja lebih kecil daripada massa almari dan
karena massa berbanding terbalik dengan percepatan benda. Semakin kecil massa
benda, semakin besar percepatannya. Jadi, memindahkan meja yang ringan akan
lebih cepat daripada memindahkan almari yang massanya lebih besar.
Seekor
banteng jantang mendorong anak kijang dengan kekuatan penuh hingga terpental
jauh, juga merupakan contoh penerapan hukum II Newton dengan alasan bahwa gaya
yang kuat dari banteng jantan mampu
menggerakan anak kijang sehingga memiliki percepatan tertentu.
LEMBAR KERJA SISWA (LKS )
01
MACAM MACAM GERAK PADA
TUMBUHAN
PETUNJUK KERJA
1.
Diskusikanlah pertanyan
berikut dengan teman di kelompokmu
2.
Lalu jawablah di lembar
kerja siswa yang telah disiapkan oleh guru
Pertanyaan :
1.
Sebutklah beberapa gerak
pada tumbuhan, serta jelaskan dengan singkat!
2. Apakah yang dimaksud dengan Tropisme, Nasti dan Taksis.
3. Sebut dan jelaskanlah beberapa macam gerak Tropisme, Nasti dan Taksis.
4. Buatlah laporan hasil diskusi kalian pada selemnbar kertas
5.
Presentasikan hasil kerjamu
di depan kelas.
TUGAS TERSTRUKTUR BERKELOMPOK
Pengaruh Rangsangan terhadap Gerak Menutup dan Mambukanya
Daun Putri Malu
1). Tujuan
Melakukan percobaan pengaruh
rangsang terhadap gerak daun putri malu
2). Alat dan Bahan :
- Tumbuhan putri malu hidup
- Es dibungkus plastic
- Korek api atau lilin yang dinyalakan
- Stopwatch
3). Langkah Kerja :
- Memberi perlakuan pada putri malu sebagai
berikut:
a.
Menyentuh menggunakan ujung
jari tangan pada bagian atas permukaan daun
b.
Menyentuh menggunakan ujung
jari tangan pada tangkai daun
c.
Memberi suhu dingin dengan
cara di bagian bawah permukaan daun diletakkan sebangkah es batu
d.
Memberi suhu panas di
bagian bawah permukaan daun dengan menyalakan korek napi atau lilin yang
menyala. Berhati-hatilah saat menggunakan korek api
- Mengamati gerak daun dan batang putri malu
- Mencatat kecepatan respon tumbuhan terhadap
rangsang menggunakan stopwatch
- Mengulangi langkah 1-3 sebanyak tiga kali
- Mencatat data padea table berikut
Tabel pengamatan tumbuhan putri
malu
PERLAKUAN
|
WAKTU (MENIT)
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Menutup
|
Menutup
|
Menutup
|
|
Disentuh pada permukaan
daun
|
|
|
|
Disentuh pada tangkai
daun
|
|
|
|
Diberi suhu dingin pada
permukaan bawah daun
|
|
|
|
Diberi suhu panas pada
permukaan bawah daun
|
|
|
|
Diskusikan
dan Simpulkanlah :
- Bagaimana tanggapan tumbuhan ketika diberi
rangsang sentuhan pada bagian atas permukaan daun?
- Bagaimana tanggapan tumbuhan ketika diberi
rangsang sentuhan pada tangkai daun?
- Bagaimana tanggapan tumbuhan ketika diberi
rangsang dingin?
- Bagaiman tanggapan tumbuhan ketika diberi
rangsangan panas?
- Bagian mana dari tumbuahan yang paling
sensitive terhadap rangsang sentuhan?
- Apakah kecepatan responnya berbeda dengan
rangsang yang berbeda?
- Apa yang dapat kamu simpulkan berdasarkan
kegiatan di atas?
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) 02
GERAK PADA TUMBUAHAN
Amatilah tanaman yang ada disekitarmu!
Temukan 10 (sepuluh) tanaman yang berbeda,
kemudian identifikasi jenis gerak yang dilakukan tanaman tersebut!
Catat hasil pengamatan pada table di bawah
ini!
NO
|
NAMA
TANAMAN
|
JENIS
GERAKAN YANG DILAKUKAN
|
BUKTI
YANG MENDUKUNG
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan
1.
Jenis gerak apa saja yang
terdapat pada tumbuhan?
2.
Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi gerak pada tumbuhan?
Kesimpulan
Buatlah kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan!
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
Pertemuan II
Teknik
dan Bentuk Penilaian
Teknik
|
Bentuk
|
Tes Lisan
|
Daftar
pertanyan
|
Penilaian
diri (Sikap)
|
Lembar Pengamatan Sikap
|
|
|
2. Instrumen
1) Tes / pertanyaan lisan
No IPK
|
IPK
|
Pertanyaan
|
Kunci
|
3.1.3
3.1.4
|
Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan
kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
Menjelaskan
sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
|
1.
Bagaimana struktur tubuh hewan air sehingga dapat bergerak cepat di air?
2.
Bagaimanakah system otot pada hewan darat yang menggunakan kaki untuk
bergerak
|
Bentuk
stramline/ torpedo dan sirif seperti dayung
system
otot lurik yang kuat dengan perekatan yang kuat pada tulang-tulang kaki
|
2) LEMBAR PENILAIAN SIKAP (PENILAIAN
DIRI PADA PELAJARAN)
Nama Siswa : …………….
Nomor
urut :……………..
Kelas :…………….
Petunjuk:
Isilah tanda X pada kolom skor
dari tabel pertanyaan berikut yang sesuai dengan keadaan dirimu yang
sebenarnya!
No
|
Pernyataan
|
skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Saya
merasa senang belajar materi gerak
pada hewan
|
|
|
|
|
2.
|
Saya
sudah memahami dengan baik bahwa konsep alat gerak pada hewan
menyesuaikan pada habitat
|
|
|
|
|
3.
|
Saya
sudah memahami dan baik bahwa otot rangka dan struktur tulangnya sangat
berperan dalam pergerakan hewan
|
|
|
|
|
4.
|
Saya
telah memberi perhatian yang serius selama pembelajaran berlangsung
|
|
|
|
|
Skor maksimal
= 16
Keterangan nilai sikap:
1 =
kurang setuju 3 = setuju
2 = cukup
setuju 4 = sangat
setuju
Skor maksimal
3) LEMBAR PENILAIAN KEGIATAN
DISKUSI
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/
Semester : VIII/1
Topik/
Sub topic : Gerak/ Gerak pada
Hewan
Indikator :
3.1.3
Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan
hidupnya
3.1.4 Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai
dengan pola gerak yang dilakukan
No
|
Nama Siswa
|
Kerja Sama
|
Santun
|
Toleran
|
Disiplin
|
Responsif
|
Jumlah Skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Tiap
kotak diisi dengan skor 1-4
Rubrik:
Skor 1,
jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2,
jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3,
jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4,
jika selalu berperilaku dalam kegiatan
Nilai =
jumlah skor x 100
Predikat
Nilai:
Predikat:
sangat baik ( AB ) untuk nilai 80 ≤ AB ≤ 100
Predikat:
baik (B) untuk nilai 70 ≤ B ≤ 79
Predikat:
cukup (C) untuk nilai 60 ≤ C ≤ 69
Predikat:
kurang (D) untuk nilai ≤ 70
Lembar Kerja Peserta didik (LKS 03)
Non Eksperimental
KD 3.1: Memahami gerak
lurus, dan pngaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya dalam gerak makhluk hidup dan
gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.1.3
Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan
hidupnya
3.1.4 Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai
dengan pola gerak yang dilakukan
I. Tujuan
Percobaan: Mengidentifikasi struktur alat gerak, dalam kaitannya dengan
kecepatan gerak
II. Alat/
Bahan
- Gambar/ tayangan video
macam-macam hewan
III. Cara Kerja
- Amatilah gambar berikut!
- Lengkapilah tabel hasil
pengamatan berikut sesuai dengan
apa yang di lihat!
IV. Data/ Tabel hasil pengamatan
Gambar
|
Nama
Binatang
|
Alat
gerak
|
Kecepatan
gerak
(km/jam)
|
Habitat
(darat/air/udara)
|
|
macan
|
|
100
|
|
|
zebra
|
|
76
|
|
|
ikan
barakuda
|
|
40
|
|
|
Burung merpati
|
|
70
|
|
|
rusa
|
|
97
|
|
|
siput
|
|
0,005
|
|
|
sapi
|
|
25
|
|
|
hiu
|
|
35
|
|
Diskusikan:
1. Samakah
alat gerak hewan air , dan hewan darat? Jelaskan!
2. Hewan
darat apakah yang memiliki kecepatan
gerak paling cepat?
3.
Mengapa hewan-hewan tersebut memiliki kecepatan yan berbeda?
4. Mengapa burung merpati dapat
terbang dengan mudah di udara?
5. Adakah
hubungan bentuk, struktur , dan system
otot dengan kecepatan bergerak hewan?
6. Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu!
Soal untuk
pertemuan terakhir
IPK 3.1.3 Menganalisis alat gerak
hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
1. Seekor makhluk memiliki tubuh seperti
torpedo,alat geraknya berbentuk seperti dayung. Hewan yang memiliki ciri-ciri
seperti pernyataan di atas sangat cocok hidup di habitat….
a. air
.
b.
darat
c.
bakau
d.
pohon
IPK 3.1.4
Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
Harimau merupakan hewan yang memiliki pergerakan
yang sangat cepa dan lincah. Hal ini dapat dilakukannya karena adanya….
a.
otot polos yang kuat, elasis dan rangka yang kuat
b.
otot rangka yang kua, elastic dengan rangka yang ringan
c.
otot polos lentur dan tulang yang kuat
d.
otot rangka yang kuat , kaku dengan rangka yang kuat
Pertemuan III
1.
Jenis/tekhnik penilaian
|
: tes tertulis, pengamatan
sikap, dan keterampilan
|
2.
Bentuk instrumen dan
instrumen
|
: lembar tertulis berbentuk
essay, format penilaian sikap, dan format penilaian keterampilan
|
Contoh instrumen penilaian:
Pertemuan III
Tes essay :
Jawablah soal di bawah ini dengan tepat!
1.
Seorang anak mengendarai
sepeda dengan waktu dan jarak tempuh seperti pada tabel berikut.
waktu (detik)
|
Jarak (meter)
|
Jawaban
|
Skor
|
0
|
0
|
|
|
1
|
3
|
|
|
2
|
6
|
v = 6/2 = 3m/s
|
1
|
3
|
9
|
|
|
4
|
12
|
v = 12/4 = 3 m/s
|
1
|
5
|
15
|
v = 15/5 = 3 m/s
|
1
|
Bedasarkan tabel di atas hitunglah :
a.
Kelajuan sepeda pada detik ke
2
b.
Kelajuan sepeda pada detik ke
4
c.
Kelajuan sepeda pada detik ke
5
2.
Berikut disajikan grafik
hubungan antara kecepatan dengan waktu!
Berdasarkan grafik di atas :
a.
Bagaimanakah hubungan antara
jarak dan waktu?
Jawaban : Grafik antara jarak dan waktu menunjukkan hubungan yang
linier. Sehingga waktu berbanding lurus dengan jarak tempuh
Skor : 3
b.
Bagaimanakah hubungan antara
kecepatan sepeda motor dengan waktu?
Jawaban : Pada GLB kecepatan bernilai konstan terhadap waktu
Skor : 3
3.
Pada hari Minggu Rudi diajak
ayahnya untuk berkeliling kota Denpasar naik delman. Delman dipacu dengan
kecepatan 3 m/s oleh pak kusir selama 1,5 jam. Berapakah jarak yang ditempuh
oleh rombongan Rudi untuk mengelilingi Kota Denpasar?
Jawaban :
Diketahui
V
= 3 m/s
T
= 45 menit
= 45
x 60 = 2.700 detik
Ditanya
S
=...............?--------------------> skor : 2
Penyelesaian
v
= s/t
s
= v x t
------------------> skor : 3
s
= 3 m/s x 2.700 detik
s = 8.100 m ------------------->
skor : 4
= 8,1 Km
Skor : 4
Lembar
Observasi Sikap
Nama Peserta Didik
|
:
|
|||||
Kelas
|
:
|
|||||
Tanggal Pengamatan
|
:
|
|||||
Materi Pokok
|
:
|
|||||
|
||||||
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas
karunia Tuhan
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan
sesudah menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan kegaguman
secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat Kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan
kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Kriteria
penskoran:
4 : selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 : sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan, dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 :
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 : tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
skor
Skor akhir =
---------------------- x 4
Skor tertinggi
Kualifikasi
:
Sangat baik : apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00 (80 –
100)
Baik : apabila memperoleh skor 2,80
– 3,19 (70 – 79)
Cukup : apabila memperoleh skor 2,40 –
2,79 (60 – 69)
Kurang : apabila memperoleh
skor kurang 2,40 (kurang dari 60%)
Lembar
Penilaian Kinerja Melakukan Praktikum
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Merangkai Alat
|
|
|
|
2
|
Pengamatan
|
|
|
|
3
|
Data yang diperoleh
|
|
|
|
4
|
Kesimpulan
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Merangkai Alat
|
Rangkaian alat tidak benar
|
Rangkaian alat benar, tetapi
tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatan kerja
|
Rangkaian alat benar, rapi
dan memperhatikan keselamatan kerja
|
2
|
Pengamatan
|
Pengamatan tidak cermat
|
Pengamatan cermat tetapi
mengandung interpretasi
|
Pengamatan cermat dan bebas
interpretasi
|
3
|
Data yang diperoleh
|
Data tidak lengkap
|
data lengkap, tetapi tidak terorganisir,atau ada yang salah tulis
|
data lengkap, terorganisir,ditulis dengan benar
|
4
|
Kesimpulan
|
Tidak benar atau tidak
sesuai dengan tujuan
|
Sebagian kesimpulan ada yang
salah atau tidak sesuai dengan tujuan
|
Semua benar sesuai dengan
tujuan
|
Pertemuan
ke IV
Tes Uraian :
Jawablah soal di bawah ini
dengan tepat!
1. Pada saat Amin diantar naik mobil oleh ayahnya
menuju ke sekolah, ada dua hal yang dirasakan oleh Amin yaitu: ketika mereka
mulai berangkat, Amin merasakan badannya terdorong ke belakang dan ketika
mereka sampai disekolah, mobil direm, Amin merasakan badannya terdorong ke
depan. Jawablah pertanyaan berikut:
a. Hukum
apakah yang dapat menjelaskan hal tersebut
b. Sebutkan
bunyi hukum tersebut
c. Mengapa
Amin merasa badannya terdorong ke belakang ketika mereka mulai berangkat
d. Mengapa
Amin merasa badannya terdorong ke depan
ketika mobil direm
e. Jelaskan
fungsi teknologi sabuk pengaman dikaitkan dengan Hukum I Newton
Rubrik
Penilaian Tes Uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
a
|
Jika
terjawab dengan benar
|
1
|
b
|
Jika
terjawab dengan benar
|
2
|
c
|
Jika
jawaban benar dan alas an tepat
|
2
|
d
|
Jika
jawaban benar dan alasan tepat
|
2
|
e
|
Jika
jawaban benar dan lengkap alasan tepat
|
3
|
Total
|
10
|
Lembar Kegiatan Siswa
(04)
A. Judul : Percobaan Gerak
Lurus
B. Tujuan :
- Menjelaskan prinsip kerja perangkat percobaan Ticker timer
- Menjelaskan hubungan jarak tempu dengan waktu yang teramati pada
percobaan
C. Metode : EKsperimen
D. Alat dan Bahan
Alat: Bahan
- Mobil mainan Pita
kertas
b.
Mistar
c.
Ticker timer
E. Prosedur Percobaan
1. Rangkailah percobaan seperti pada gambar di
bawah ini!
- Operasikalah ticker timer!
- Hidupkanlah mesin mobil mainan kemudian melepaskannya hingga
menarik pita!
- Ukurlah jarak antar titik yang terbentuk pada pita kertas!
- Catatlah data pengamatan pada tabel.
Tabel hasil percobaan
Pita Kertas
|
Panjang
|
1
|
.....
|
2
|
.....
|
3
|
.....
|
4
|
.....
|
5
|
.....
|
E. Pertanyaan
1. Dalam praktikum yang kamu
lakukan, bagaimana prinsip kerja rangkaian percobaan?
2. Buatlah grafik hubungan antara jarak (sebagai
sumbu –y) dengan waktu sebagai sumbu –x).
3. Buatlah grafik hubungan antara kecepatan
(sebagai sumbu –y) dengan waktu sebagai sumbu –x).
4. Berdasarkan grafik yang telah kamu buat,
a.
Bagaimanakah bentuk hubungan antara jarak dan waktu?
b.
Bagaimanakah hhubungan antara gerak mobil dengan waktu?
Apa yang dapat kamu simpulkan?
Lembar Kegiatan Siswa
(05)
A. Judul : Hukum I Newton (hukum kelembaman
suatu benda)
B. Tujuan :
- Membuktikan sifat kelembaman
suatu benda
C. Metode : Eksperimen
D. Alat dan Bahan
1. Kertas
HVS 1 lembar
2. Gelas
1 buah
E. Prosedur Percobaan
1) Siswa meletakan selembar kertas
diatas meja kemudian meletakkan gelas diatas kertas tersebut.
2) Tarik kertas secara horizontal
dengan perlahan. Amatai apa yan terjadi . ulangi percobaan tersebut samapai 3
kali.
3) Tarik kertas secara horizontal
dengan sekali hentakan. Amati apa yang terjadi dan ulangi samapai 3 kali
Setelah
melakukan eksperimen kerjakan
pertanyaan-pertanyaan berikut
1. Bagaimanakah keadaan gelas pada
saat kertas ditarik secara perlahan-lahan?
2. Bagaimanakah keadaan gelas pada
saat gelas ditarik secara cepat
3. Samakah hasil antara keadaan
gelas, jika kertas ditarik dengan perlahan-lahan atau ditarik cepat
4. Jika berbeda, apakah yang
mengakibatkan hal tersebut?
Jawaban
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Berdasarkan hasil percobaan, buatlah kesimpulanmu!
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Percobaan Huum Newton II
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Kode
Instrumen/ Soal
|
1. Menghitung berat benda dengan menggunakan
persamaan hukum II Newton
|
Tes tulis
|
Uraian
|
LP 1
|
2. Menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa
dengan percepatan benda bergerak
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
|
LP 2
|
*Sikap Ilmiah Siswa
|
Observasi
|
Lembar observasi sikap
|
LP 3
|
LP1
1. Penilaian Aspek
Pengetahuan
Soal uraian :
1.
Seorang
siswa merangkai kereta, katrol, tali, dan beban (100 g) seperti gambar.
Bila diketahui massa kereta 100 g, berapakah berat
beban yang harus digantung agar diperoleh percepatan kereta 4
m/s2 ? (skor 25)
2.
Seorang
siswa merangkai kereta, katrol, tali, dan beban (100 g) seperti gambar.
Bila diketahui berat beban yang digantung 1,5 N dan massa kereta 100 g, berapakah
percepatan yang dialami oleh kereta ? (skor 25)
3.
Seorang anak menarik balok dengan percepatan 2 m/s2. Bila resultan gaya yang bekerja pada
balok 20 N, berapakah massa
balok tersebut? (skor 25)
4.
Seorang pemain sepatu roda
yang massanya 70 kg meluncur dengan percepatan 2 m/s2. Hitunglah
resulan gaya yang bekerja!(skor 25)
Kunci jawaban :
1.
Diketahui : massa kereta, m1 = 100
g = 0,1 kg
massa beban yang digantung 1
buah, m2 = 1 x 100 g = 100 g = 0,1 kg
percepatan benda, a = 4
m/s2
…………………………………………………… Skor 3
Ditanya : berat beban yang
digantung, F = ….. N
……….. Skor 2
Jawaban :
Rumus : F = m x a ……….. Skor
4
Massa total, m = m1 + m2 = 0,1 kg + 0,1 kg = 0,2
kg ….. Skor
4
F = 0,2 kg x 4 m/s2
= 0,8 N
…………………………………………..……. Skor 10
Jadi berat beban yang digantung adalah 0,8 Newton. ………. Skor 2
Skor total : 25
2.
Diketahui : massa kereta, m1 = 100
g = 0,1 kg
Berat beban yang digantung, F
= 1,5 N
Massa beban yang digantung 2 buah, m2 = 2 x 100 g = 200 g =
0,2 kg
…………………………………………………
Skor 3
Ditanya : Percepatan benda, a = ….
m/s2 …………………. Skor 2
Jawaban :
Rumus : a =
……………………………. Skor
4
Massa total, m = m1
+ m2 = 0,1 kg + 0,2 kg = 0,3 kg Skor 4
a =
a = 5 m/s2
…………………………………………………… Skor
10
Jadi percepatan yang dialami kereta adalah 5 m/s2 . ……….. Skor
2
Skor total : 25
3.
Diketahui : Resultan gaya, F = 20 N
Percepatan, a = 2 m/s2
……………………………………………….. Skor 2
Ditanya : massa balok = ….. kg …………………. Skor 2
Jawaban :
Rumus : m =
………………………. Skor 4
m =
= 10 kg
……………………………………………… Skor
15
Jadi massa balok adalah 10 kilogram. ……………… Skor 2
Skor total : 25
4.
Diketahui : massa, m = 70 kg
percepatan, a = 2 m/s2
……………………………………………. Skor
2
Ditanya : resultan gaya, F = ….. N …………… Skor 2
Jawaban :
Rumus : F = m x a …………………… Skor 4
= 70 kg x 2 m/s2
= 140 N
…………………………………………… Skor
15
Jadi resultan gaya yang bekerja adalah 140 Newton. …… Skor
2
Skor total : 25
Pedoman
penskoran :
Skor Maksimal : 100
Nilai maksimal : 100
Kriteria penilaian
Nilai
=
x 100 =
x 100
LP2
TES UNJUK KERJA
No.
|
Nama
|
Aspek penilaian
|
Total Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
- Menyiapkan alat dan bahan
- Melakukan percobaan
- Mendeskripsikan pengamatan
- Menafsirkan hasil pengamatan
- Mempresentasikan hasil
pratikum
Rubrik penilaian
No
|
Aspek penilaian
|
Rubrik
|
1
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
3 Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang
diperlukan
2 Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang
diperlukan
1 Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan
yang diperlukan
|
2
|
Melakukan percobaan
|
3
Melakukan percobaan dengan prosedur
yang benar
2
Melakukan percobaan dengan prosedur yang kurang benar
1
Tidak mampu melakukan percobaan dengan benar
|
3
|
Mendeskripsikan pengamatan
|
3 Menulis hasil pengamatan benar dan lengkap
2 Menulis hasil pengamatan benar tapi kurang
lengkap
1 Tidak menulis hasil pengamatan, atau
menulis namun kurang lengkap dan tidak benar
|
4
|
Menafsirkan hasil pengamatan
|
3 Mampu memberikan penafsiran hasil
pengamatan dengan benar
2 Mampu memberikan penafsiran hasil
pengamatan tetapi kurang benar
1 Tidak mampu memberikan penafsiran hasil
pengamatan dengan benar
|
5
|
Mempresentasikan hasil percobaan
|
3 Mampu mempresentasikan hasil percobaan dengan benar, bahasa mudah
dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri
2 Mampu mempresentasikan hasil percobaan dengan benar, bahasa mudah
dimengerti, tetapi disampaikan kurang percaya diri
1 Mampu mempresentasikan hasil percobaan dengan kurang benar, bahasa sulit
dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri
|
LP3
Pengamatan sikap :
No
|
Aspek yang
dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin
tahu
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja
baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Ketrampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap ;
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3
menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar,antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2
menunjukkan rasa ingin tahu,
namun tidak terlalu antusias dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh.
1
tidak menunjukkan antusias
dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walau telah
didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian
dan hati-hati
|
3 mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,
hati-hati dalam melakukan percobaan
2
mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1
mengamati hasil tidak percobaan
sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
|
3
tekun dalam menyelesaikan tugas
dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2
berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum
menunjukkan upaya terbaiknya
1
tidak berupaya sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
|
4
|
Berkomunikasi
|
3
aktif dalam tanya jawab, dapat
mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2
aktif dalam tanya jawab,
tidak ikut mengemukakan gagasan atau
ide, menghargai pendapat siswa lain
1
aktif dalam tanya jawab,
tidak ikut mengemukakan gagasan atau
ide, tidak menghargai pendapat siswa
lain
|
LEMBAR KEGIATAN SISWA
(06)
Percobaan Hukum Newton II
Tujuan :
untuk mengetahui hubungan gaya yang dikerjakan pada benda dengan percepatan
benda.
Alat dan
Bahan
Beban 100
g 2 buah
Katrol 1
buah
Kereta 1
buah
Tali
Langkah
kerja
1.
Rangkailah kereta,
katrol,tali, dan beban (100 g) seperti
gambar di bawah!
Amatilah
percepatan gerak kereta!
2.
Tambahkan beban ( 2 x 100 g
) pada rankaian percobaan seperti pada rangkaian percobaan seperti pada gambar
di bawah!
Amatilah
percepatan gerak kereta!
3.
Tambahkan beban (100 g ) pada kereta dan mengurangi beban
(100 g )yang menggantung seperti pada gambar di bawah!
Amatilah
percepatan gerak kereta!
Data
Hasil Percobaan
No
|
F = berat beban yang digantung (N)
|
m = massa kereta + massa beban (kg)
|
a = percepatan kereta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: untuk menuliskan data percepatan
1) tercepat, 2) cepat, dan 3) kurang cepat.
Jawablah
pertayaan di bawah ini!
- apa
yang mempengaruhi perbedaan besar percepatan kereta pada percobaan 1 dan
2?
- Bagaimana hubungan antara gaya (berat beban
yang digantung) dengan percepatan kereta berdasarkan percobaan 1 da 2?
- Apa yang mempengaruhi perbedaan besar
percepatan kereta pada percobaan 1 dan 3?
- Bagaimana hubungan antara massa total (massa
kereta + massa beban) dengan percepatan kereta berdasarkan percobaaan 1
dan 3?
- Seorang pemain sepatu roda yang massanya 50 kg
meluncur dengan percepatan 4 m/s2 pada saat resultan gayanya
200 N. Bagaimanakah gerakan pemain sepatu roda jika mengalami perubahan
kecepatan seperti dalam tabel?
Lengkapi table berikut!
Gaya (N)
|
Massa (kg)
|
Percepatan (m/s2)
|
200
|
50
|
4
|
100
|
50
|
….
|
100
|
25
|
….
|
….
|
25
|
2
|
200
|
….
|
5
|
- Balok A
dan B dihubungkan dengan menggunakan tali dan katrol seperti pada gambar
di bawah ini.
Apabila massa balok A sama dengan massa balok B (MA
= MB = m), tentukan jawaban yang benar dari masing-masing pertayaan
di bawah ini! (lingkari jawaban yang benar).
a.
Massa
sistem (A + B) adalah [m] [2m]
b.
Gaya yang
bekerja pada sistem adalah berat balok
c.
Berat
balok B adalah [
] [mg]
[2mg]
d.
Besar
percepatan sistem adalah
[kurang dari g] [g] [lebih besar dari g]
Ingat g adalah percepatan gravitasi
bumi yang besarnya 10 m/s2
Apa yang
dapat kamu simpulkan tentang hubungan antara gaya, massa, dan percepatan benda?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar