- Tentukan kompetensi sosial - emosional berbasis kesadaran penuh yang akan dikembangkan dalam mata pelajaran yang diampu
- Tentukan teknik pembelajaran yang menurut Anda dapat mengembangkan kompetensi sosial-emosional yang Anda pilih pada no1. dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran yang Anda ampu.
- Tuliskan detil dari teknik pembelajaran yang Anda pilih sesuai dengan tabel pemetaan dalam Ruang Kolaborasi. Sertakan lampiran/tautan yang diperlukan (topik diskusi, artikel, skenario, kasus, dll. )
- Siapkan perangkat untuk mendokumentasikan kinerja murid pada saat teknik pembelajaran dilakukan. (Lembar refleksi diri, lembar observasi, daftar-periksa, dll)
- Masukkan teknik pembelajaran tersebut dalam RPP mata pelajaran yang Anda ampu
1) Minta murid menyiapkan sebuah buku tulis yang akan mereka sebut sebagai buku jurnal.
2) Minta mereka menggambarkan ataupun menulis
tentang apa yang ada di dalam pikiran dan apa yang dirasakan mereka setelah
melakukan berbagai kegiatan pada hari tersebut
Seperti hal
yang menarik?
Hal baru
yang mereka lihat atau dengar ?
Hal yang
berubah dalam perasaan dan pikiran mereka?
Hal yang ingin mereka pelajari lebih lanjut?
2.
Penjelasan
tentang apa yang dikatakan pada murid:
1)
Ambilah
buku jurnalmu
2)
Gambarkan
atau tuliskan tentang apa yang ada di dalam pikiranmu, dan apa yang kamu rasakan
setelah melakukan kegiatan pembelajaran ini.
3)
Tuliskanlah
hal yang menarik atau kurang menarik
4)
Tuliskan
hal hal baru yang kamu lihat atau dengar
5)
Tuliskan
hal yang berubah dalam perasaan dan pikiranmu
6)
Tuliskan
hal yang ingin kamu pelajari lebih lanjut terkait pembelajaran kali ini
3.
Penjelasan
tentang tujuan:
Tujuan dari membuat jurnal diri adalah
1)
Untuk
mengetahui sejauh mana kesadaran diri siswa terhadap proses pembelajaran yang
sudah berlangsung.
2)
Sebagai
koreksi bagi guru dalam mengemas pembelajaran pada pertemuan berikutnya
No |
Keterangan |
4 Sangat Setuju |
3 Setuju |
2 Kurang setuju |
1 Tidak Setuju
|
1 |
Dengan menulis jurnal
diri saya merasa terbantu dalam membuat resume dan refleksi |
|
|
|
|
2 |
Dengan menulis jurnal
diri saya tahu apa yang telah terjadi pada diri saya selama proses
pembelajaran IPA Bu Damayanti |
|
|
|
|
3 |
Dengan Menulis jurnal
saya memiliki kesadaran akan diri saya sebagai seorang siswa |
|
|
|
|
4 |
Dengan jurnal diri saya
tahu apa yang saya sukai dan apa yang tidak saya sukai |
|
|
|
|
5 |
Dengan jurnal diri membatu
saya lebih memahami diri |
|
|
|
|
Daftar Periksa Jurnal Diri Siswa
No |
Keterangan |
4 Sangat Mampu |
3 Mampu |
2 Kurang Mampu |
1 Tidak Mampu
|
1 |
Dapat menuliskan /menggambarka isi tentang apa yang dipikirkan atau yang
dirasakan |
|
|
|
|
2 |
Dapat menjabarkan hal
baru yang mereka lihat/dengar |
|
|
|
|
3 |
Dapat menuliskan
perubahan dalam pola pikir/perasaanya |
|
|
|
|
4 |
Dapat menuliskan hal
yang ingin mereka pelajari lebih lanjut |
|
|
|
|
KEREN MBA
BalasHapusTerimakasih...ini masih belajar
HapusMantap👍👍lengkap skali🙏Suksma
BalasHapusTerimakasih...🙏🙏..semoga bermanfaat...masih taraf belajar😀
Hapus