Rabu, 03 Maret 2021

RPP BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI PSE

Selamat Pagi Rekan Belajar Berbudaya ( Belajar Bersama Bu Damayanti)........Panjang Umur Perjuangan CGP selalu semangat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.Kali ini dalam Modul 2.2, pada Demonstrasi Kontekstual saya akan coba berbagi RPP Berdiferensiasi terintegrasi Pembelajaran Sosial Emosional ( PSE).Tugas: Menyusun teknik-teknik yang akan digunakan untuk mengembangkan kompetensi sosial-emosional berbasis kesadaran penuh pada mata pelajaran yang diampu.Langkah-langkah :
  1. Tentukan kompetensi sosial - emosional berbasis kesadaran penuh yang akan dikembangkan dalam mata pelajaran yang diampu
  2. Tentukan teknik  pembelajaran yang menurut Anda dapat mengembangkan kompetensi sosial-emosional yang Anda pilih pada no1. dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran yang  Anda ampu. 
  3. Tuliskan detil dari teknik pembelajaran yang Anda pilih sesuai dengan tabel pemetaan dalam Ruang Kolaborasi. Sertakan lampiran/tautan yang diperlukan (topik diskusi,  artikel, skenario, kasus, dll. )
  4. Siapkan perangkat untuk mendokumentasikan kinerja murid pada saat teknik pembelajaran dilakukan. (Lembar refleksi diri, lembar  observasi, daftar-periksa, dll)
  5. Masukkan teknik pembelajaran tersebut dalam RPP mata pelajaran yang Anda ampu
1. KOMPETENSI  SOSIAL EMOSIONAL
    Adapun Kompetensi sosial emosional yang saya pilih adalah                  
    :  KOMPETENSI KESADARAN DIRI 

2. TEKNIK PEMBELAJARAN
     : Membuat Jurnal Diri (dilakukan di akhir pembelajaran)

3 DETIL TEKNIK PEMBELAJARAN
    1.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

1)    Minta murid menyiapkan sebuah buku tulis yang akan mereka sebut sebagai buku jurnal.

2)    Minta mereka menggambarkan ataupun menulis tentang apa yang ada di dalam pikiran dan apa yang dirasakan mereka setelah melakukan berbagai kegiatan pada hari tersebut

Seperti hal yang menarik?

Hal baru yang mereka lihat atau dengar ?

Hal yang berubah dalam perasaan dan pikiran mereka?

Hal yang ingin mereka  pelajari lebih lanjut?

2.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:

1)    Ambilah buku jurnalmu

2)    Gambarkan atau tuliskan tentang apa yang ada di dalam pikiranmu, dan apa yang kamu rasakan setelah melakukan kegiatan pembelajaran ini.

3)    Tuliskanlah hal yang menarik atau kurang menarik

4)    Tuliskan hal hal baru yang kamu lihat atau dengar

5)    Tuliskan hal yang berubah dalam perasaan dan pikiranmu

6)    Tuliskan hal yang ingin kamu pelajari lebih lanjut terkait pembelajaran kali ini

3.    Penjelasan tentang tujuan:

Tujuan dari membuat jurnal diri adalah

1)  Untuk mengetahui sejauh mana kesadaran diri siswa terhadap proses pembelajaran yang sudah berlangsung.

2)  Sebagai koreksi bagi guru dalam mengemas pembelajaran pada pertemuan berikutnya

4 PERANGKAT
        Lembar Refleksi diri :
        

No

Keterangan

4

Sangat Setuju

3

Setuju

2

Kurang setuju

1

Tidak Setuju

 

1

Dengan menulis jurnal diri saya merasa terbantu dalam membuat resume dan refleksi

 

 

 

 

2

Dengan menulis jurnal diri saya tahu apa yang telah terjadi pada diri saya selama proses pembelajaran IPA Bu Damayanti

 

 

 

 

3

Dengan Menulis jurnal saya memiliki kesadaran akan diri saya sebagai seorang siswa

 

 

 

 

4

Dengan jurnal diri saya tahu apa yang saya sukai dan apa yang tidak saya sukai

 

 

 

 

5

Dengan jurnal diri membatu saya lebih memahami diri

 

 

 

 




Daftar Periksa Jurnal Diri Siswa


No

Keterangan

4

Sangat Mampu

3

Mampu

2

Kurang Mampu

1

Tidak Mampu

 

1

Dapat menuliskan /menggambarka  isi tentang apa yang dipikirkan atau yang dirasakan

 

 

 

 

2

Dapat menjabarkan hal baru yang mereka lihat/dengar

 

 

 

 

3

Dapat menuliskan perubahan dalam pola pikir/perasaanya

 

 

 

 

4

Dapat menuliskan hal yang ingin mereka pelajari lebih lanjut

 

 

 

 


5 RPP




4 komentar:

MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amlapura)

                             MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA  ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amla...