Rabu, 05 Mei 2021

TUGAS EKSPLORASI KONSEP MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM SEKOLAH YAG BERDAMPAK PADA MURID

HAIIIIIII......rekan berbudaya ( belajara bersama Bu Damayanti) semoga sehat dan berbahagia...kali ini saya akan berbagi tugas saya di program CGP di Modul 3.3 semoga bermanfaat ya......



TUGAS : Eksplorasi Konsep Modul 3.3

Ni Putu Damayanti,S.Pd

CGP Kab Karangasem

 

1.    Dari tayangan tentang bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid, tuliskan dampak pada murid yang dapat Anda amati dari program-program yang ada dalam tayangan video.

 

Nama program

Dampak pada murid yang dapat diamati

Siswa sebagai agen perubahan

 Murid dapat memanfaatkan ruang jelas sebagai tempat berkreasi , perpustakaan sebagi tempat literasi dan halaman sekolah untuk belajar kebersamaan saling menghargai dan toleransi

Pendidikan Karakter untuk membangun Keberadaban Bangsa ( Duduk hening menebar cagaya, storry telling, menyanyikan Lagu

Murid dapat mengolah hati dan pikirannya sehingga dapat berperilau jujur dan peduli selain itu mereka menjadi manusia yang cerdas dan bertanggung jawab

Pembelajaran berkelas dunia, Pembelajaran aktif dan menarik dengn design lukisan moral berkonsep

Dengan kelas berkonsep murid menjadi betah di kelas, menarik perhatian calon murid, memunculkan minat belajar murid

Kurikulum berbasis lingkungan

Murid dapat mencintai lingkungannya dan menjaganya serta menjadikannya sebaai sumber belajar

Program pembaguna sekolah dengan partisipasi masyarakat

Murid dapat melanjutkan sekolahnya ke jenjag SMP, tidak ada lagi murid yang putus sekolah tidak ada lagi anak usia sekolah yang menjadi pedagang di jalan jalan, serta menekan pernikahan dini

 

2.    Refleksikan program-program yang telah dilaksanakan di sekolah Anda. Apakah program-program tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program dan jawab pertanyaan berikut:

a.   Apa nama dan tujuan program?

b.   Apa saja aktivitas yang ada dalam program (Apa yang dilakukan murid/guru/kepala sekolah jika ada?)

c.    Apa dampak yang dapat diamati pada murid?

d.   Apakah program yang Anda ceritakan di atas sudah mengikuti tahapan BAGJA?

Jawab

a.  Nama Program : Sekolah Ajeg Bali

Tujuan program : untuk melestarikan budaya bali dan agar siswa siswi tahu tentang budayanya dan memiliki karakter mencintai budaya bangsanya

b.  Aktivitas yang ada dalam program

Kepala Sekolah : Sebagai penanggung jawab kegiatan.

Guru   : membimbing siswa untuk melkasnakan program ajeg Bali yang terdiri dari, menyurat lontar, Dharma Gita, Menari, Menabuh, Mejejaitan

Murid : memilih kegiatan ajeg Bali sesuia dengan bakat dan minatnya sehingga selan ikut melestarikan budaya bali, mencintai budaya bangsanya murid akan merasa nyaman dan bahagia melaukannya karenaia sudah memilih sesuai dengan yang diminatinya

c.  Program Tersebut sudah mengikuti tahapan Bagja

1) Buat pertanyaan. Apakah program yang dapat dibuat untuk meningkatkan kecintaan murid terhadap budaya bagsa dan apa yang dapat dilaukan agar sekolah dapat membantu program pemerintah provinsi Bali di dalam melstarikan budaya bali?

2) Gali mimpi. Memiliki mimpi terwujudnya program Ajeg Bali

3) Jabarkan rencana , rencana program dilakukan pada rapat dewan guru. Setelah disetujui maka akan dibuat teknis dan dibentuk guru pengampu Kegiatan Ajeg Bali

4) Atur eksekusi, Setelah Teknisnya selesai , maka dilasanakan kegiatan tersebut dan melihat perolehan hasil yang didapat tanpa melupakan refleksi selanjutnya.

 

3. Setelah mengetahui bagaimana sebuah pelaporan harus dipertanggung jawabkan, mulai dari perencanaan, monitoring, evaluasi hingga pelaporan, apakah program sekolah yang Anda ceritakan di atas sudah memperhatikan hal-hal tersebut?

Dari apa yang saya ketahui program sekolah Ajeg Bali sudah memperhatikan pelaporan yag harus dipertanggung jawabkan mulai dari monitoring yang telah dilaukan Kepala Sekolah, Tim Pengembag Sekolah, Kurikulum dan Komite sekolah terhadap keterlaksanaan program sekolah tersebut, evaluasi dilakukan dalam kegiatan rapat mengenai hasil yag diperoleh dan cara cara yang diperlukan untuk meningkatkan hasil. Pelaporan dilaukan karena menggunakan dana Bos untuk menunjang kegiatannya.

 

4.    Berikan catatan Anda tentang identifikasi risiko yang dilakukan oleh  sekolah dalam merencanakan dan mengelola program yang Anda ceritakan di atas.

Kondisi saat ini

Kondisi yang akan datang

Risiko

Strategis

Keuangan

Operasional

Pemenuhan

Reputasi

Jadwal Kegiatan Ajeg Bali sering ngadat dan tidak terlaksana

Program ajeg Bali bisa saja dihapus

Kurangnhya dukungan guru dan komite dalam pelasanaan program

Berkurangnya aset seperti Gong yang an mudah rusak jikasering digunakan

Program yang mandeg/tersendat sendat bisa saja menjadi program kenangan, artinya terhapus dari program sekolah

Kurangnya guru yang mumpuni untuk mengajar/membimbing program ajeg Bali

Lembaga tidak berlabel sekolah ajeg Bali lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amlapura)

                             MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA  ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amla...