TUGAS : Eksplorasi Konsep
Modul 3.3
Ni Putu Damayanti,S.Pd
CGP Kab Karangasem
1. Dari
tayangan tentang bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid, tuliskan
dampak pada murid yang dapat Anda amati dari program-program yang ada dalam
tayangan video.
Nama program |
Dampak pada murid yang dapat diamati |
Siswa
sebagai agen perubahan |
Murid dapat memanfaatkan ruang jelas sebagai
tempat berkreasi , perpustakaan sebagi tempat literasi dan halaman sekolah
untuk belajar kebersamaan saling menghargai dan toleransi |
Pendidikan
Karakter untuk membangun Keberadaban Bangsa ( Duduk hening menebar cagaya,
storry telling, menyanyikan Lagu |
Murid dapat mengolah hati dan pikirannya sehingga dapat
berperilau jujur dan peduli selain itu mereka menjadi manusia yang cerdas dan
bertanggung jawab |
Pembelajaran
berkelas dunia, Pembelajaran aktif dan menarik dengn design lukisan moral
berkonsep |
Dengan kelas berkonsep murid menjadi betah di kelas,
menarik perhatian calon murid, memunculkan minat belajar murid |
Kurikulum
berbasis lingkungan |
Murid dapat mencintai lingkungannya dan menjaganya serta
menjadikannya sebaai sumber belajar |
Program
pembaguna sekolah dengan partisipasi masyarakat |
Murid dapat melanjutkan sekolahnya ke jenjag SMP, tidak
ada lagi murid yang putus sekolah tidak ada lagi anak usia sekolah yang
menjadi pedagang di jalan jalan, serta menekan pernikahan dini |
2. Refleksikan
program-program yang telah dilaksanakan di sekolah Anda. Apakah program-program
tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program dan jawab pertanyaan
berikut:
a.
Apa nama dan tujuan program?
b.
Apa saja aktivitas yang ada dalam program (Apa yang dilakukan
murid/guru/kepala sekolah jika ada?)
c.
Apa dampak yang dapat diamati pada murid?
d.
Apakah program yang Anda ceritakan di atas sudah mengikuti tahapan
BAGJA?
Jawab
a. Nama
Program : Sekolah Ajeg Bali
Tujuan
program : untuk melestarikan budaya bali dan agar siswa siswi tahu tentang
budayanya dan memiliki karakter mencintai budaya bangsanya
b. Aktivitas
yang ada dalam program
Kepala
Sekolah : Sebagai penanggung jawab kegiatan.
Guru : membimbing siswa untuk melkasnakan program
ajeg Bali yang terdiri dari, menyurat lontar, Dharma Gita, Menari, Menabuh,
Mejejaitan
Murid :
memilih kegiatan ajeg Bali sesuia dengan bakat dan minatnya sehingga selan ikut
melestarikan budaya bali, mencintai budaya bangsanya murid akan merasa nyaman
dan bahagia melaukannya karenaia sudah memilih sesuai dengan yang diminatinya
c. Program
Tersebut sudah mengikuti tahapan Bagja
1) Buat
pertanyaan. Apakah program yang dapat dibuat untuk meningkatkan kecintaan murid
terhadap budaya bagsa dan apa yang dapat dilaukan agar sekolah dapat membantu
program pemerintah provinsi Bali di dalam melstarikan budaya bali?
2) Gali
mimpi. Memiliki mimpi terwujudnya program Ajeg Bali
3)
Jabarkan rencana , rencana program dilakukan pada rapat dewan guru. Setelah
disetujui maka akan dibuat teknis dan dibentuk guru pengampu Kegiatan Ajeg Bali
4) Atur
eksekusi, Setelah Teknisnya selesai , maka dilasanakan kegiatan tersebut dan
melihat perolehan hasil yang didapat tanpa melupakan refleksi selanjutnya.
3. Setelah
mengetahui bagaimana sebuah pelaporan harus dipertanggung jawabkan, mulai dari
perencanaan, monitoring, evaluasi hingga pelaporan, apakah program sekolah yang
Anda ceritakan di atas sudah memperhatikan hal-hal tersebut?
Dari apa yang saya ketahui program sekolah Ajeg Bali sudah
memperhatikan pelaporan yag harus dipertanggung jawabkan mulai dari monitoring
yang telah dilaukan Kepala Sekolah, Tim Pengembag Sekolah, Kurikulum dan Komite
sekolah terhadap keterlaksanaan program sekolah tersebut, evaluasi dilakukan
dalam kegiatan rapat mengenai hasil yag diperoleh dan cara cara yang diperlukan
untuk meningkatkan hasil. Pelaporan dilaukan karena menggunakan dana Bos untuk
menunjang kegiatannya.
4. Berikan
catatan Anda tentang identifikasi risiko yang dilakukan oleh sekolah
dalam merencanakan dan mengelola program yang Anda ceritakan di atas.
Kondisi saat ini |
Kondisi yang akan datang |
Risiko |
||||
Strategis |
Keuangan |
Operasional |
Pemenuhan |
Reputasi |
||
Jadwal
Kegiatan Ajeg Bali sering ngadat dan tidak terlaksana |
Program
ajeg Bali bisa saja dihapus |
Kurangnhya
dukungan guru dan komite dalam pelasanaan program |
Berkurangnya
aset seperti Gong yang an mudah rusak jikasering digunakan |
Program
yang mandeg/tersendat sendat bisa saja menjadi program kenangan, artinya
terhapus dari program sekolah |
Kurangnya
guru yang mumpuni untuk mengajar/membimbing program ajeg Bali |
Lembaga
tidak berlabel sekolah ajeg Bali lagi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar