Kamis, 21 Januari 2021

Mewujudkan Sekolah Ajeg Bali Menuju Merdeka Belajar

 

Mewujudkan Sekolah Ajeg Bali Menuju Merdeka Belajar

Oleh

Ni Putu Damayanti. Nip 19850131 201001 2 021

CGP Kabupaten Karangasem Bali



LATAR BELAKANG

Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang menjadi sasaran wisata. Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Bali juga sangat kental dengan seni dan budayanya. Pesatnya perkembagnan zaman teknologi dan globalisasi menyebabkan pulau Bali juga ikut terbawa di dalam arusnya perkembangan. Banyak para praktisi pendididkan dan budayawan yang khawatir jika Budaya Bali akan tergerus globalisasi dan kemajuan zaman.

Kekhawatiran tersebut membuat para pendidik khususnya sekolah dan Guru sangat prihatin dan menginginkan sekolah menjadi salah satu tempat transfer budaya agar jangan sampai Budaya Adiluhung Bali yang telah menghantarkan Bali tersohor di Tingkat Nasional Dan Mancanegara pelan pelan menghilang atau bahkan ditinggalkan oleh generasinya.

SMP Negeri 1 Amlapura adalah Sekolah Menengah Pertama tertua di Kabupaten Karangasem. Sejak Tahun 2007 telah membawa bendera Sekolah bernuansa ajeg Bali. Yang di dalam kegiatan pembelajarannya telah mencerminkan pembelajaran yang meneyelipkan kegiatan Ajeg Bali bahkan di dalam kurikulumnyapun tertera jadwal pasti proses kegiatan Sekolah Ajeg Bali. Namun di awal tahun 2020 ketika Indonesia termasuk Bali didalamnya diterpa Pandemi Covid-19, maka kegiatan Pembelajaran ajeg Bali ini terasa mati suri. Kegiatan yang biasanya terjadwalkan setiap hari sabtu pada jam 1 dan 2, menjadi tidak tersentuh. Guru guru fokus pada Kegiatan PJJ daring bahkan beberapa ada yang luring, mereka lupa bahwa ada satu hal kegiatan yang juga menunjang visi sekolah yang belum terlaksana. Saya sebagai salah satu CGP di Sekolah tersebut merasa tergerak untuk membagkitkan semangat rekan-rekan guru untuk kembali menularkan budaya positif, budaya Bali agar generasi emas kita tetap tahu akan budayanya dan mampu setidaknya melakukan budayanya sendiri. Hal ini tentunya sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar dan menuju pelajar pancasila. Para siswa akan merdeka dalam memilih kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya

TUJUAN

    Melalui sekolah Ajeg Bali Mewujudkan murid merdeka yang berkarakter Pancasila, mencintai kebhinekaan salah satunya Budaya Bali 

TOLOK UKUR

    Tolok ukur keberhasilannya adalah siswa mampu menampilkan budaya bali sesuai dengan bakat dan minatnya. Tanpa Beban tanpa tekanan senang dan bahagia

DESKRIPSI AKSI NYATA

    Aksi Nyata yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan Ajeg Bali secara daring yaitu menggunakan Google Meet dan Clasroom. Sehingga Kegiatan Ajeg Bali yang merupakan jargon Sekolah  ( SMP Negeri 1 Amlapura) dapat dihidupkan kembali walau dengan napas yang tersendat. Hal pertama yang dilakukan diantaranya : Membuat draf kegiatan serta jadwal dan materi yang akan diberikan kepada siswa demi mewujudkan visi sekolah ajeg Bali menuju murid merdeka. Mengecek kesiapan guru /tenaga pendidik dan mengelompokkan guru berdasarkan skil atau kemampuan keterampilan budayanya. Bekerjasama dengan aktor pendidikan pendidikan pengampu pendidikan.

HASIL DARI AKSI NYATA

    Hasil dari aksi nyata yang dilaukan adalah kembali menumbuhkan kecintaan siswa terhadap budaya Bali yang merupakan keunggulan dari sekolah yang kami cintai. Mewujudkan murid yang memiliki kecintaan terhadap budayanya dan mapu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari. 

dalam program ajeg bali tersebut terdapat bebrapa kegiatan yang ternbagi menjadi

1. Kegiatan membuat alat upacara 

2. Kegiatan Meulat ulatan

3 Kegiatan Menari

4 Kegitan Megambel

5 Kegiatan Mekidung

6.Menulis Aksara Bali

Siswa yang mengikuti kegiatan Ajeg Bali tersebut diberikan tugas untuk membuat foto dan memviddeokan kegiatan ajeg bali mereka selama proses pembelajaran. Anak anak yang sudah mengumpulkan video diberi apresiasi positif dengan bentuk pujian dan motivasi, untuk tetap memperthankan bahkan meningkatkan kegiatan ajeg Bali yang telah dilaukannya.

Guru yang terlibat adalah guru guru yang dipilih sesuai dengan sklill?kemapuannya di bidang budaya yang diketuai oleh Guru Seni Budaya dan Diketahui oleh Kurikulum dan Sebagai Penaggung jawab Kegiatan adalah Kepala SMP Negeri 1 Amlapura

PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI PELAKSANAAN

  • KEGAGALAN

Dari Kegiatan ajeg bali yang dilakukan secara daring ada beberapa kegagalan yang dapat saya sampaikan sebagai pelaku aksi nyata di Sekolah.

  1. belum semua siswa memilih dengan hati keberadaannya dalam kegiatan ajeg bali ada siswa yang ikut karena ikut ikutan temannnya sehingga perlu adanya peran guru untuk mengarahkan sesuia minat dan bakatnya
  2. masih banyak siswa yang ketika meet belum bisa untuk hadir dikarenakan keterbatasan kuota atau masalah jaringan
  3. belum semua guru berperan aktif, dalam proses pembelajaran
  • KEBERHASILAN

    Berdasarkan tolok ukur yang telah dijabarkan diatas maka kegiatan ajeg bali secara daring ini bisa dianggap berhasil karena siswa telah mampu melakukan kegiatan Ajeg Bali sesuai minat dan bakatnya bahkan bebrapa siswa bahkan sudah mementaskannya di depan Khalayak ramai. yang sangat diapresiasi positif oleg guru. Siswa antusias di dalam proses pembelajaran dan pembuatan video. tidak ada siswa yag merasa tertekan dalam mengikuti kegiatan ajeg bali. Mereka merasa lebih mencintai budaya mereka sendiri. karena mereka tahu akan manfaatnya nanti dalam kehidupan bermasyarakat.
 

RENCANA PERBAIKAN
 
Dalam kegiatan ajeg bali yang telah dilakukan memang banyak mengalami kendala, maka perlu dibuat rencanaperbaikan demi kebaikan aksi nyata selanjutnya. Rencana tersebut diantaranya :
  1. lebih banyak melibatkan guru terutama di dalam membuat program kegiatan Ajeg Bali.
  2. mendorong dan lebih memotivasi guru agar terlibat dan aktif di dalam kegiatan Ajeg Bali
  3. memotivasi siswa untuk tetap melanjutkan tongkat estafet di dalam trnasfer budaya
  4. Melakukan kerjasama dengan anggota masyarakat sekitar yang emiliki skill/kemampuan sesuai dengan program
DOKUMEN KEGIATAN


Menulis Aksara Bali di Lontar


Video membuat alat Upakara




Menari 


Video Menari  Link :  https://drive.google.com/file/d/1gH4KnahPu40EwZa1Vfm4FMXGR4kNMLc6/view?usp=sharing




Membuat Ulat ulatan




Megambel  Link : 
https://drive.google.com/file/d/1rBpsIN3pPhLFDvdEgW7K57T1nyPgKMOq/view?usp=sharing


Penilaian Tugas Ajeg Bali serta pemberian motivasi positif dari guru














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amlapura)

                             MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA  ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amla...