1.3.a.4.
Eksplorasi Konsep - Modul 1.3
Nama : Ni Putu Damayanti,S.Pd
CGP KABUPATEN KARANGASEM BALI
1.
Informasi Utama pada Modul 1.3 Calon Guru
Penggerak adalah sebagai berikut
a)
Inkuiri Apresiatif menggunakan prinsip-prinsip
utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa
setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada
keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Dengan
demikian, dalam implementasinya, IA dimulai dengan menggali hal-hal positif,
keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi,
sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan
perubahan. Menurut Cooperrider, saat ini kita hidup pada zaman yang
membutuhkan mata yang dapat melihat dan mengungkap hal yang benar dan baik.
Mata yang mampu membukakan kemungkinan perbaikan dan memberikan
penghargaan. Bila organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang
dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut
dipastikan akan meningkat dan kemudian organisasi akan berkembang secara
berkelanjutan. Di sekolah, pendekatan IA dapat dimulai
dengan mengidentifikasi hal baik yang telah ada di sekolah, mencari cara
agar bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, sehingga kelemahan, kekurangan
dan ketidak-adaan menjadi tidak relevan. Berpijak dari hal positif tersebut,
sekolah kemudian menyelaraskan hal positif atau kekuatan tersebut dengan
visi sekolah dan visi setiap individu dalam komunitas sekolah.
b)
BAGJA
Bagja adalah akronim yang berasal dari bahasa sunda
yang artinya bahagia : Model Manajemen perubahan yang menggunakan
paradigma inkuiri apresiati
c). Kurva belajar. Yang dimasud
kurva belajar disini adalah kurva yang mirip seperti seekor anak burung yang
belajar terbang. Pada saat pertama kali terbang, jalur terbang anak
burung tidak akan langsung ke atas, tapi akan ke bawah dahulu kemudian meliuk
ke atas sebagaimana terlihat pada gambar berikut.
Bahwa hasil yang didapat tidaklah langsung tinggi
mungkin saja dimulai dengan kegagalan atau penolakan namun jika terus berusaha
maka akan mendapatkan hasil yang maksimal, seperti yag terlihat pada kurva
tersebut.
2.
Informasi tersebut diberikan kepada Calon Guru
Penggerak
Agar Calon Guru penggerak dapat memiliki
pemahaman tentang inkuiri apresiatif (IA) dan Bagja serta memiliki motivasi
tinggi walau nanati capaiannya mesti seperti kurva belajar tersebut.
Hal yang kedua adalah sebagai
pelajaran memperkaya “persenjataan” Calon Guru Penggerak dalam memandu
perubahan di sekolah.
3.
Informasi yang paling dapat membantu sebagai
guru penggerak kelak adalah mengenai Pendekatan Inkuiri Apresiatif bahwa seallu
menekankan pada keunggulan dan juga kolaborasi
4.
Hal kecil yang dapat dilakukan sekarang setelah
memperoleh informasi tersebut adalah ikut serta di dalam mewujudkan visi
sekolah dengan melihar kelebihan kelebihan yang dimiliki sekolah.
Me;aksanakannya dengan tulus sehingga mencapai tujuannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar