Minggu, 22 November 2020

ARTIKEL CGP 1.3a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3

Nama : Ni Putu Damayanti,S.Pd

CGP KABUPATEN KARANGASEM BALI


1.       Informasi Utama pada Modul 1.3 Calon Guru Penggerak adalah sebagai berikut

a)      Inkuiri Apresiatif menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Dengan demikian, dalam implementasinya, IA dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi,  sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan. Menurut Cooperrider, saat ini kita hidup pada zaman yang membutuhkan mata yang dapat melihat dan mengungkap hal yang benar dan baik. Mata yang mampu membukakan kemungkinan perbaikan dan  memberikan  penghargaan. Bila organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan akan meningkat dan kemudian organisasi akan berkembang secara berkelanjutan. Di sekolah, pendekatan IA dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik yang telah ada di sekolah,  mencari cara agar bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, sehingga kelemahan, kekurangan dan ketidak-adaan menjadi tidak relevan. Berpijak dari hal positif tersebut, sekolah kemudian menyelaraskan hal positif atau kekuatan tersebut  dengan visi sekolah dan visi setiap individu dalam komunitas sekolah.

b)      BAGJA

Bagja adalah akronim yang berasal dari bahasa sunda yang artinya bahagia  : Model Manajemen perubahan yang menggunakan paradigma inkuiri apresiati




c). Kurva belajar. Yang dimasud kurva belajar disini adalah kurva yang mirip seperti seekor anak burung yang belajar terbang.  Pada saat pertama kali terbang, jalur terbang anak burung tidak akan langsung ke atas, tapi akan ke bawah dahulu kemudian meliuk ke atas sebagaimana terlihat pada gambar berikut.


Bahwa hasil yang didapat tidaklah langsung tinggi mungkin saja dimulai dengan kegagalan atau penolakan namun jika terus berusaha maka akan mendapatkan hasil yang maksimal, seperti yag terlihat pada kurva tersebut.

2.       Informasi tersebut diberikan kepada Calon Guru Penggerak

Agar Calon Guru penggerak dapat memiliki pemahaman tentang inkuiri apresiatif (IA) dan Bagja serta memiliki motivasi tinggi walau nanati capaiannya mesti seperti kurva belajar tersebut.

 Hal yang kedua adalah sebagai pelajaran memperkaya “persenjataan” Calon Guru Penggerak dalam memandu perubahan di sekolah. 

3.       Informasi yang paling dapat membantu sebagai guru penggerak kelak adalah mengenai Pendekatan Inkuiri Apresiatif bahwa seallu menekankan pada keunggulan dan juga kolaborasi

4.       Hal kecil  yang dapat dilakukan sekarang setelah memperoleh informasi tersebut adalah ikut serta di dalam mewujudkan visi sekolah dengan melihar kelebihan kelebihan yang dimiliki sekolah. Me;aksanakannya dengan tulus sehingga mencapai tujuannya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amlapura)

                             MEMBANGUN JIWA DAN RAGA SISWA MELALUI SEKAR GANA  ( Inovasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Amla...